Ada Sawit Di Dalam Non Dairy Creamer

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Bagi penikmat kopi yang  bosan meneguk kopi hitam setiap hari. Terkadang, mereka tambahkan krimer non susu (non dairy creamer)  ke dalam kopinya supaya mendapatkan rasa yang beda.

Tahukan anda bahwa minyak sawit adalah salah satu bahan yang pembuat krimer non susu? Non Dairy Creamer terbuat dari kandungan minyak inti sawit.Walaupun demikian, ada pula non krimer susu yang memakai bahan dari minyak kelapa (coconut oil).

Dalam penjelasan Badan Standarisasi Nasional (1998), krimer non susu adalah produk olahan dari lemak nabati yang ditambah karbohidrat sesudah diberikan tambahan bahan pangan yang diizinkan dalam bentuk bubuk. Yang digunakan sebagai padanan rasa untuk makanan dan minuman.

Dalam skripsi J.Ardian Bayu Putranto (IPB, 2006) bahwa produk krimer noni susu memaka bahan baku utama minyak kelapa sawit dan minyak kedelai. Selain itu, juga ada kandungan sirup glukosa, natrium kaseinat, emulsifier dan berbagai bahan tambahan makanan . Menurut penelitian Affandi (2003) seperti termuat dalam situs MPOB bahwa produk krimer non susu terbaik dari kombinasi palm olein-palm kernel oil, palm oil-palm super olein, dan palm kernel oil-palm super olein.

Kelebihan creamer yang memakai minyak inti sawit adalah punya kemampuan lebih tahan lama dan bauny tidak apek dalam jangka waktu lama.

Beberapa perusahaan telah memproduksi non dairy creamer dari minyak nabati seperti PT Aloe Vera Indonesia memproduksi non dairy creamer yang berasal dari Lauric (inti kelapa/sawit) dan non lauric (minyak sawit).

Sementara itu, anak usaha Grup Lautan Luas yaitu PT Lautan Natural Krimerindo, telah memproduksi non-dairy creamer berbasis sawit. Kapasitas pabrik yang berlokasi di  Mojokerto ini sebesar 40 ribu ton per tahun. Nilai investasi mencapai US$ 20 juta-US$ 30 juta dengan pangsa pasar domestik dan ekspor.

 

Sumber foto: pulaujaya.com

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.