8 KUD Plasma Mitra Sampoerna Agro Raih Sertifikat RSPO

MESUJI RAYA, SAWIT INDONESIA – Delapan Koperasi Unit Desa (KUD) binaan PT Sampoerna Agro Tbk memperoleh sertifikat RSPO (Roundtable Sustainable on Palm Oil). Terdapat lebih 7000 hektare kebun plasma yang mengantongi RSPO.

Pencapaian tersebut merupakan lanjutan dari tiga KUD Plasma binaannya yang telah menerima sertifikat RSPO 2016.

Penyerahan sertifikat RSPO kepada delapan KUD plasma berlangsung pada 3 Oktober 2017 di Kantor Group Belida Sampoerna Agro, Sumatera Selatan. Darmadi, selaku Ketua Forum Komunikasi KUD Plasma Wilayah II dan Ketua KUD Mulya Jaya Kecamatan Mesuji Raya Sumsel, mengungkapkan bahwa pihaknya sempat pesimis karena cukup tingginya prinsip & kriteria yang ditetapkan oleh RSPO, namun akhirnya mampu meraih predikat sebagai KUD Plasma dengan produk kelapa sawit lestari.

“Capaian ini tidak terlepas dari pendampingan teknis dari tim pembina plasma perusahaan Sampoerna Agro. Ke depannya, kami harus lebih konsisten mengimplementasikan standar budidaya perkebunan yang terbaik, termasuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang terkadang para petani belum terbiasa, hingga penggunaan bahan kimia yang ramah terhadap lingkungan”, imbuhnya.

Selain KUD Mulya Jaya, proses sertifikasi ini juga berhasil diikuti tujuh KUD plasma lainnya yang tersebar di tiga Kecamatan seperti Mesuji, Mesuji Raya & Mesuji Makmur Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Turut hadir penerima sertfikat secara langsung diantaranya; KUD Rahayu Bakti Desa Sumber Baru, KUD Tekad Mandiri Desa Kemang Indah, KUD Panca Sawit Makmur Desa Balian Makmur, KUD Jaya Bersama Desa Cahaya Mulya, KUD Karya Makmur Desa Sumbu Sari, KUD Mekar Sari Desa Mekarwangi dan KUD Sumber Rejeki Desa Karya Mukti.

Selain KUD plasma, dalam kesempatan ini sertifikat juga diterima oleh kebun inti Belida dan PKS Belida yang merupakan rantai pasok kebun-kebun plasma tersebut.

Ridwan Sibuea Region Head Plasma Sampoerna Agro mengutarakan bahwa target Perusahaan di tahun 2018-2019 akan ada dua puluh KUD lagi yang sedang dalam proses sertifikasi RSPO.

“Kami bersama KUD dan Tim Sustainability Perusahaan terus melakukan persiapan dan pendampingan teknis baik penataan administrasi, dokumentasi ataupun infrastruktur khususnya terhadap dua belas KUD plasma dengan rantai pasok (supply chain) di PKS Selapan Jaya, termasuk delapanKUD di PKS Permata Bunda yang saat ini masih menunggu hasil final sertifikasi,” ujarnya.

Eldi Nuzan (Koordinator GM) melalui R. Suryantopo selaku RH Plantation Support menjelaskan kemitraan perusahaan dengan petani plasma sudah terbina dengan baik dan saling menguntungkan, ibarat rumah tangga yang harmonis, agar tidak putus hubungannya di tengah jalan

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.