7 Desa Di Jambi Bergabung Program Desa Bebas Api Asian Agri

JAMBI, SAWIT INDONESIA – Asian Agri melibatkan tujuh desa di Jambi hari ini untuk bergabung dalam program Desa Bebas Api (DBA).

Program DBA di Jambi tahun ini melibatkan 7 desa, yakni Desa Lubuk Lawas dan Desa Lubuk Bernai (yang sudah lebih dulu berpartisipasi sejak tahun 2016), Desa Tuo Sumay, Desa Suo Suo, Desa Semambu, Desa Teriti, dan Desa Muara Sekalo.

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Kementerian Perekonomian RI, Ir. Montty Girianna, M,SC., MCP., Ph.D, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Ir. Agus Rizal, M.M bersama dengan jajaran pemerintah desa, kabupaten dan provinsi menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding – MoU) kerja sama antara desa, pemerintah, dan perusahaan dalam hal pencegahan kebakaran.

“Kami sangat bangga dan mendukung sepenuhnya inisiatif yang diambil oleh desa-desa untuk bergabung dalam program Desa Bebas Api binaan Asian Agri, ” ujar Ir. Agus Rizal, M.M sebagaimana dilansir dari laman asianagri.com.

Agus mengatakan komitmen ini patut mendapatkan dukungan dari seluruh pihak karena pencegahan kebakaran merupakan tanggung jawab kita semua, dan masyarakat desa berperan menjaga lingkungan desanya agar terhindar dari kebakaran.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Kementerian Perekonomian RI, Ir. Montty Girianna, M,SC., MCP., Ph.D juga hadir memberikan paparannya mengenai komitmen Pemerintah dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di hadapan ratusan peserta.

Program Desa Bebas Api binaan Asian Agri ini dimulai pada tahun 2016, diawali dengan bermitra bersama tujuh desa di Riau dan dua di Jambi. Program ini menunjukkan perkembangan positif terhadap berkurangnya titik api secara signifikan. Tercatat pada tahun 2016, dari 306.664 hektar lahan desa mitra Asian Agri, hanya 7,98 hektar lahan yang terbakar. Terjadi penurunan signifikan dari tahun sebelumnya yang mencapai 13,75 hektar lahan terbakar. Tahun ini, jumlah kemitraan DBA Asian Agri bertambah menjadi 16 desa yaitu sembilan desa di Riau dan tujuh di Jambi.

Sahrul Hasibuan, Regional Head Asian Agri Jambi menegaskan pihaknya selalu siap memfasilitasi serta membina desa-desa yang ingin bergabung dalam program Desa Bebas Api.

Sahrul menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kebakaran lahan adalah masalah nasional harus dicegah bersama.

“Program DBA juga memberikan pengetahuan teknis dan kesempatan bagi desa menggali potensi ekonomi, sehingga insentif yang diberikan kepada desa yang berhasil mencegah kebakaran dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat desa,”pungkasnya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.