16 Desa Mitra Asian Agri Lanjutkan Komitmen Cegah Asap

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Sebanyak 16 desa di Riau dan Jambi yang telah tergabung program Desa Bebas Api pada tahun lalu, berkomitmen untuk tetap bergabung pada tahun ini. Diharapkan memperkuat antisipasi pencegahan kebakaran lahan menjelang iklim kering mendatang.

Komitmen 16 desa dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman masing-masing kepala desa yang bertempat di Riau, Kamis (5 Juli 2018). Dari 16 desa tadi terdiri dari 9 desa di Riau dan 7 desa di Jambi.

Keenam belas desa tadi antara lain Desa Lubuk Ogong, Desa Lalang Kabung, Desa Lubuk Bernai, Desa Suo Suo, Desa Rantau Baru, Desa Delik, Desa Lubuk Lawas, Desa Semambu, Desa Tambak, Desa Bagan Limau, Desa Tuo Sumay, Desa Sotol, Desa Kuala Terusan, Desa Segati, Desa Teriti, dan Desa Muara Sekalo.

Sambutan positif dengan adanya program Desa Bebas Api juga diungkapkan salah satu warga desa yang menjadi Ketua Kru Desa Bebas Api dari Desa Tambak, Zulkatab. Pihaknya merasa sangat terbantu dengan kerja sama yang telah berjalan selama dua tahun terakhir untuk menjaga desa dari kebakaran.

Dalam program tersebut sebagian masyarakat yang masuk pada tim dibekali keahlian. “Kami dilatih dan dipersiapkan secara matang melalui program ini,” ucap Zulkatab.

Dari data Asian Agri, program Desa Bebas Api periode 2017/2018 mencatat keberhasilan dalam menurunkan angka luasan kebakaran lahan. Pada 2016, luas kebakaran sekitar 398 hektare tetapi dapat turun menjadi 82 hektare pada 2017. “Terjadi penurunan luasan lahan kebakaran mencapai sekitar 316 hektar,” ujar Zulbahri, Manajer Sustainable Operation Asian Agri.

Program Desa Bebas Api (DBA) Asian Agri merupakan sinergi masyarakat, pemerintah dan perusahaan dalam menekan angka kebakaran lahan yang fokus pada pencegahan. Program ini juga didukung masyarakat yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Api (MPA) dalam mencegah kebakaran dan kabut asap di lingkungannya.

“Melalui program Desa Bebas Api yang didukung masyarakat, aparatur dan pemerintah desa, pihaknya optimis dapat terus menekan angka kebakaran hingga menjadi sama sekali tidak ada lahan yang terbakar,” kata Zulbahri.

Menurutnya, Asian Agri juga berkomitmen mendukung pencegahan kebakaran khususnya selama ajang Asian Games yang direncanakan akan digelar pada bulan Agustus nanti. “Kami bersama dengan seluruh MPA siap mendukung jalannya Asian Games tanpa kabut asap,” pungkasnya. (Robi F)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp