109.145 Petani Sawit Miliki Sertifikat RSPO

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Dalam Laporan Dampak RSPO 2016 disebutkan bahwa sejak tahun 2013, RSPO telah menjalankan program dukungan pendanaan untuk petani (RSPO Smallholder Support Fund / RSSF) guna meningkatkan akses petani terhadap sertifikasi RSPO.

Penggunaan RSFF ini telah membantu 109.145 petani swadaya dan plamas untuk mendapatkan sertifikat RSPO. RSFF membantu promosi praktik pertanian berkelanjutan dan peningkatan produksi Minyak Sawit Berkelanjutan Bersertifikat (Certified Sustainable Palm Oil / CSPO).

Darrel Webber, CEO dari RSPO mengatakan  budidaya kelapa sawit telah dikaitkan sebagai salah satu penyebab utama deforestasi di seluruh dunia. Namun, dengan penilaian wajib yang menjadi bagian dari Prosedur Penanaman Baru RSPO, anggota kami telah mampu meningkatkan areal HCV yang teridentifikasi.

“Praktik ini kemudian diharapkan dapat menyetop hilangnya hutan yang sangat luar biasa penting karena nilai lingkungan, sosial-ekonomi, budaya, keanekaragaman hayati dan tata wilayah,” ujar Darel.

“Selama bertahun-tahun, fokus RSPO selalu sama: mentransformasi pasar untuk menjadikan minyak kelapa sawit berkelanjutan sebagai norma. Untuk memastikan visi tersebut dapat tercapai, RSPO memantau dampak dari RSPO terhadap 3 pilar keberlanjutan, People, Planet dan Profit,” kata Dhiny Nedyasari, Indonesia Communication Manager RSPO dalam keterangannya.

Adapun terdapat beberapa sorotan dari Laporan Dampak RSPO 2016 antara lain, Areal Konservasi Tinggi, Paraquat, Resolusi terhadap Pengaduan, dan Dukungan terhadap Petani.

Bersamaan dengan pemantauan dampak RSPO, laporan ini mengidentifikasi kontribusi dan kesempatan RSPO untuk mendukung 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals / SDGs) yang diluncurkan oleh Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) pada tahun 2015. RSPO, melalui aksinya, turut mendukung lima SDGs: Peniadaan Kelaparan, Air Bersih dan Sanitasi, Kerja Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, Produksi dan Konsumsi yang Bertanggung Jawab, dan Kehidupan di Darat.

 

You might also like More from author

2 Comments

  1. berita terkini says

    keren juga gan, ide ente mantep nih bikin web khusus sawit .. luar biasa

    1. Qayuum Amri says

      Terima kasih untuk apresiasi yang diberikan.

      Salam sawit indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.