POTENSI PENURUNAN EMISI GAS RUMAH KACA MELALUI PENGEMBANGAN BIODIESEL DARI MINYAK KELAPA SAWIT

Dalam orasi ilmiah yang berjudul : ”Potensi Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Melalui Pengembangan Biodiesel Dari Minyak Kelapa Sawit”. Ada sejumlah pertimbangan mengapa saya mengambil judul ini ?

Alasan pertama adalah bahwa kelapa sawit merupakan komoditas yang telah banyak mensejahterakan masyarakat di Indonesia dan Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) khususnya, penyumbang devisa negara, membuat neraca perdagangan kita menjadi positif. Saat ini sekitar 11 juta ha perkebunan kelapa sawit kita mampu menyerap 11 juta-an tenaga kerja.

Kedua, bahwa klaim terhadap isu pemanasan global akibat penggunaan kelapa sawit menjadi biodiesel telah direlease oleh Amerika dan Eropa melalui US EPA NODA (United State – Environmental Protect Agency – Notice of Data Availability) dan EU RED (Europan Union – Renewable Energy Directive).

Ketiga, sebagai kalangan akademik di Tabagsel dan bagian dari UGN, Kita perlu bertindak sebagai problem solver melalui riset untuk mendapatkan hasil yang objektif terhadap sumber-sumber mata pencarian di masyarakat kita seperti kelapa sawit yang akhir-akhir ini diklaim oleh Negara-negara Eropa dan Amerika sebagai sumber penyebab pemanasan global

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.