Pemupukan Optimum, Lebih Hemat dan Produksi Meningkat

Oleh : Kabelan Kunia*

Efisiensi pemupukan merupakan hal yang sangat penting bagi pelaku usaha perkebunan Kelapa Sawit mengingat tingkat kehilangan yang tinggi akibat proses-proses dalam tanah seperti aliran pemupukan, pencucian, evaporasi, fiksasi dan imobilisasi.

Dengan kecenderungan semakin tingginya harga pupuk kimia serta semakin meningkatnya kesadaran pemilik kebun akan isu lingkungan, maka penggunaan pupuk sintetik secara perlahan akan diminimalkan dan ditingkatkan ke penggunaan pupuk yang ramah lingkungan dan bersumber dari bahan baku terbaharui (renewable resources) seperti pupuk organik dan pupuk hayati.

Sesungguhnya, sudah terbukti bahwa pengelolaan sistem produksi perkebunan secara terpadu, intensif dan berkelanjutan melalui aplikasi pupuk organik dan hayati yang bermutu unggul dapat meningkatkan efisiensi pemupukan, penghematan biaya pupuk, tenaga kerja, pendapatan petani, peningkatan produktivitas serta kelestarian lahan perkebunan.

Pemanfaatan pupuk organik hayati yang sesuai dengan kondisi tanah merupakan alternatif pemupukan untuk meningkatkan kesuburan tanah, efisiensi pemupukan, keberlanjutan produktivitas tanah dan mengurangi bahaya pencemaran lingkungan.

Salah satu upaya untuk mencapai renewable input dalam sistem perkebunan berkelanjutan adalah memelihara kesehatan dan kualitas tanah kimia melalui proses biologi, dengan mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan pupuk sintetis. Menjaga keberlangsungan kaidah-kaidah hayati yang mendukung rantai daur ulang yang terjadi di alam antara organisme produsen, konsumen, pengurai, serta melibatkan secara proporsional penyediaan unsur hara dan pengendalian hama dan penyakit tanaman yang sinergis dengan kaidah hayati merupakan hal yang sangat penting.

HARAMAX HEBOH

HARAMAX HEBOH menggambarkan komposisi utama dari produk pupuk yang kaya akan hara mineral ini. Komposisi HARAMAX HEBOH terdiri dari Hormon, Enzim, Bio-Mikroba, Organik dan Humic acid.

HORMON adalah komponen yang terkandung dalam produk HARAMAX yang berupa hormon alami dan berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan kelapa sawit. Kandungan hormon tumbuh alami dalam pupuk HARAMAX juga mampu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit dan hama.

ENZIM merupakan komponen penting dalam produk HARAMAX. Keberadaan enzim menjadi berarti karena kemampuanya meningkatkan produktivitas dan kualitas kelapa sawit. Beberapa jenis enzim yang dikandung seperti selulase, amilase, protease, fosfatase dan xylanase.

Enzim merupakan produk Bioteknologi yang memiliki kemampuan dahsyat untuk meningkatkan nilai nutrisi dalam  tanah. Enzim dalam HARAMAX  memiliki cara alami yang luar biasa untuk mendekomposisi unsur hara kompleks dalam tanah menjadi nutrisi tersedia yang mudah diserap tanaman.

BIO adalah komponen utama dalam HARAMAX. Bio-Mikroba mengandung 7 jenis mikroba unggul yang berpran dalam meningkatkan ketersediaan hara mineral dalam tanah. Keunggulan lain Bio-Mikroba adalah memproteksi tanaman terhadap berbagai hama dan penyakit yang menyerang, seperti serangan Ganoderma pada kelapa sawit.

Mikroba ‘baik’ HARAMAX terdiri dari bakteri Azotobacter sp. dan  Azospirillum sp. yang sangat berperan memfiksasi (mengikat) Nitrogen (N) bebas dari udara juga berpotensi memproduksi hormon tumbuh alami. Bakteri Bacillus sp. dan Aspergillus sp. mampu melarutkan Phosfat (P) dan melepaskan senyawa Kalium (K) dari ikatan koloid tanah sehingga tersedia bagi tanaman serta mampu mengurai residu kimia dan mengikat logam berat.

Bakteri Lactobacillus sp. Dan jamur Aspergillus sp. yang berperan penting mendekomposisi bahan organik serta mengubah zat/ senyawa komplek menjadi bentuk yang mudah diserap oleh tanaman. Jamur Trichodema disamping sebagai agen dekomposer juga menjadi protektor tehadap hama dan penyakit, terutama serangan Ganoderma. Bersama jamur Mikoriza, sinergisitasnya mampu menahan serangan berbagai penyakit dalam tanah, mensuplai kebutuhan Phosfat sekaligus menjaga kelembaban tanah.

Semakin tinggi populasi mikroba tanah akan semakin tinggi aktivitas biokimia dalam tanah dan semakin tinggi indeks kualitas tanah. Populasi mikroba tanah yang tidak bersifat patogenik, juga dianggap sebagai salah satu indikator teknologi perkebunan yang ramah lingkungan.

ORGANIK yang dikandung dalam HARAMAX merupakan bahan alami dengan kandungan organik yang tinggi. Bahan organik ini sangat penting untuk membangun ruang sintesis nutrisi oleh mikroba dan mampu meningkatkan kesuburan tanah. Kehadiran organik yang cukup dalam tanah akan menjaga kelembaban tanah, sehingga kecukupan air dapat terpelihara sebagai komponen penting dalam proses pertumbuhan tanaman.

(Ulasan lengkap silakan baca Majalah SAWIT INDONESIA Edisi 15 November-15 Desember 2016)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.