Motion For A European Parliament Resolution: Apa yang Indonesia harus dilakukan ?

Pada pertemuan Komisi Eropa di Strasbourg pada awal April 2017,  Komisi Eropa  memutuskan pengajuan resolusi  mengenai  “Palm Oil and Deforestation of Rain Forest “. Usulan ini mendapatkan tanggapan  negatif dari beberapa pejabat di Indonesia . Untuk dapat mengetahui apa yang terkandung dalam Resolusi itu ikutilah uraian  berikut ini.

Indonesia dituduh melakukan deforestasi sudah sejak permulaan tahun 2000 sejak itu   pembeli sawit mulai memperhatikan masalah yang terkait dengan lingkungan sosial ekonomi.

Pada November 2002, masyarakat sawit Indonesia dikagetkan oleh tuduhan WWF dalam laporan  berjudul “Oil Palm Plantations and Deforestation in Indonesia”, ”What Role Do Europe and Germany can play ”  ditulis bersama WWF Germany, WWF Indonesia dan WWF Switzerland. Tuduhan ini menyatakan bahwa data statistik resmi menunjukkan Indonesia telah kehilangan tutupan hutannya, setiap tahun antara 2 juta hektare sampai  2,4 juta hektare diperkirakan juga  pada tahun 2005 di Sumatera dan 2010 di Kalimantan seluruh hutan dipterocarp forest akan hilang . Data  WWF ini selalu dipakai berbagai pihak  untuk menyudutkan perkebunan kelapa sawit dan  minyak sawit yang diperdagangkan di pasar internasional.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.