Rigid hauler Volvo R60D melibas pertambangan batu bara di Indonesia

Rigid hauler Volvo R60D membantu kontraktor pertambangan batu bara PT Hillcon Jaya Sakti di Indonesia demi menaikkan produktivitas dan keuntungan di pulau Sebuku, Kalimantan Selatan.

Daerah Kalimantan Selatan telah banyak berkontribusi menghasilkan batu bara hingga menghantarkan Indonesia menjadi salah satu produsen dan pengekspor batu bara terbesar di dunia. Salah satu dari sekian banyak kontraktor yang bergelut di wilayah tersebut adalah PT Hillcon Jaya Sakti yang didirikan pada tahun 1995.

Perusahaan memulai kembali proyek pertambangan di sebuah pulau kecil Sebuku pada November 2019 dan langsung menghubungi Volvo Construction Equipment (Volvo CE) untuk bekerjasama. Sejak Januari 2020, Rigid hauler R60D pun dipesan untuk dipasangkan dengan 10 unit articulated hauler A40F Volvo milik PT Hillcon untuk mengangkut hasil tambang.

Baca Juga :   Dari Asahan, Ekspor Sawit Menyebar ke Negara Lain

“Tarikan yang bertenaga tanpa boros bahan bakar menjadi alasan utama kami memilih Volvo R60D,” ujar Hersan, pemilik sekaligus CEO PT Hillcon Jaya Sakti, yang akrab disapa dengan nama depannya seperti kebanyakan orang Indonesia. “Kombinasi dua mesin hebat ini menghasilkan waktu siklus yang lebih cepat sehingga memangkas biaya produksi.”

 Irit bahan bakar

Biaya yang dikeluarkan untuk bahan bakar tentu menjadi pertimbangan utama para pelanggan. Oleh sebab itu, Volvo R60D dirancang khusus untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar yang maksimal. Integrasi yang apik antara mesin dan transmisi menghasilkan performa drivetrain yang gahar dengan perpindahan gigi yang halus dan kecepatan mesin yang konsisten. Sementara itu, load-sensing hydraulic berperan dalam menjaga aliran ke hydraulic tetap optimal agar tenaga power train tidak terbuang sia-sia.

Baca Juga :   Direktur PTPN XIV Agung P.Murdanoto Tutup Usia

“Mesinnya sangat bertenaga dan mudah untuk dikendalikan, sehingga manuvernya mengesankan,” ungkap Zaki yang bertugas sebagai operator.

Siap dengan perubahan

Produktivitas yang lebih tinggi berkat daya tarikan yang terbesar dikelasnya yang memungkinkan Volvo R60D melibas medan berat dengan mudah pada kecepatan tinggi dan tetap stabil.

“Tambang kami memang belum memiliki medan yang curam saat ini, tapi bisa berubah seiring berjalannya waktu. Untuk itu kami memilih alat berat yang mampu mengatasi medan curam agar siap bekerja dengan perubahan di masa depan,” ujar Hersan.

Aman dan nyaman

Selain tenaga dan kehandalan manuver Volvo R60D, operator di Hillcon juga menyukai sistem keamanan mesin ini. Kabin bersertifikasi FOPS yang terlindungi body canopy ROPS memanjakan operator dengan jangkauan penglihatan yang sempurna saat bekerja.

Baca Juga :   GAPKI Cabut Judicial Review Empat Pasal dalam UU Lingkungan Hidup dan UU Kehutanan

Fitur Volvo Smart View, menyuguhkan operator dengan visibilitas hingga 360° berkat bantuan tiga kamera pada eksteriornya. Ketiganya bekerja menghasilkan tampilan mata burung untuk dilihat operator melalui monitor di dalam kabin.

Visibilitas superior ini membantu operator mengontrol mesin dengan meminimalkan risiko sehingga produk tivitas yang lebih tinggi dapat diraih.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 105)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like