Resmikan Replanting di Riau, Presiden Jokowi Ingin Produktivitas Sawit Rakyat Meningkat

ROKAN HILIR, SAWIT INDONESIA – Presiden Joko Widodo mengungkapkan harapannya supaya produktivitas sawit rakyat dapat meningkat melalui Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR). Hal ini diungkapkannya dalam peresmian program Peremajaan Sawit Rakyat seluas 25.423 hektare di Kelurahan Bagan Batu Kota, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Rabu (9 Mei 2018).

Khusus di Kabupaten Rokan Hilir, lahan sawit yang diremajakan seluas 15.000 hektare yang melibatkan kurang lebih 5 ribu petani swadaya setempat.

“Untuk meremajakan seperti ini, tahun ini target kita di seluruh Tanah Air itu ada 185 ribu hektare. Di Provinsi Riau sendiri akan dikerjakan 25 ribu hektare,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Baca Juga :   Menko Perekonomian: Berikan Harga Premium Untuk Sawit Berkelanjutan 

Sebanyak delapan kabupaten di Provinsi Riau menjadi sasaran program peremajaan ini. Kedelapan kabupaten tersebut ialah Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Siak, Pelalawan, Kuantan Sengingi, Indragiri Hulu, dan Bengkalis.

“Saya lihat pohon di sini sudah berapa tahun umurnya, 30 tahun. Mestinya memang sudah harus kita remajakan sejak dulu. Kita ini terlambat meremajakan,” kata Jokowi.

Peremajaan Sawit Rakyat ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan para petani kelapa sawit. Sebagaimana diketahui, sebagian besar kebun kelapa sawit rakyat di Indonesia sudah berusia tua dan sudah seharusnya diremajakan.

“Kalau kita bandingkan ini yang di perusahaan swasta dengan yang dimiliki rakyat itu hasil produksinya berbeda jauh dua kali lipat. Inilah mengapa pemerintah sekarang melakukan yang namanya peremajaan,” ucap Presiden.

Baca Juga :   Tidak Punya ISPO, TBS Petani Sulit Dijual

Untuk setiap hektare lahan sawit, pemerintah akan memberikan bantuan dana melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit sebesar Rp25 juta yang disalurkan melalui perbankan yang ditunjuk. Dana tersebut dapat digunakan oleh para petani sawit sebagai modal awal untuk melakukan penebangan tanaman kelapa sawit tua, penyiapan bibit, dan penanamannya.

(Laporan: Iman Saputra)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like