Rebut Pasar CPO Pakistan dan India

Salam Sawit Indonesia, pemerintah Indonesia diminta bergerak cepat untuk menyelesaikan kerjasama perdagangan dengan negara pembeli sawit Indonesia seperti Pakistan dan Iran. Kedua negara ini dinilai punya potensial tinggi sebagai konsumen sawit Indonesia. Pakistan tahun lalu saja mengimpor sawit dari Indonesia sekitar 2 juta ton. Sedangkan, pengapalan sawit Indonesia ke Iran sebanyak 1 juta ton.

Itu sebabnya, kalangan produsen meminta supaya pemerintah lebih fleksibel dalam pengambilan kebijakan perdagangan. Perlu dibuat skema perjanjian bilateral semisal Preferential Trade Agreement (PTA) yang mempermudah masuknya komoditas kedua negara. Caranya memberikan insentif keringanan pajak impor. Dengan begitu, nilai ekspor masing-masing negara dapat positif.

Indonesia sebaiknya tidak kalah cepat dengan Malaysia yang agresif untuk meminta keringanan pajak impor di kedua negara tadi. Baru-baru ini, petinggi Malaysia optimis bahwa pajak impor sawitnya ke Iran dapat dipangkas dari yang berlaku sekarang sebesar 40%. Kabar baik ini lantaran mereka aktif membangun kegiatan promosi sawit ke negara yang beribukota Teheran ini. Disinilah, pemerintah beserta kalangan perusahaan yang didukung BPDP-Kelapa Sawit sebaiknya berdiplomasi untuk menawarkan kejasama saling menguntungkan.

Baca Juga :   Cover Majalah Sawit Indonesia, Edisi 97

Sajian Utama kali ini, kami mengulas produk Gerobak Dorong merek DasGlück berkualitas Jerman. Produk ini memiliki kemampuan untuk membawa beban di berbagai medan mulai dari kering sampai basah. DasGlück menawarkan tiga jenis gerobak dorong sesuai kebutuhan pelanggan antara lain DasGlück Singa Mas Heavy Duty, DasGlück Singa Ijo, dan DasGlück Singa Biru Super Heavy Duty.

Untuk Rubrik Hot Issue, pemerintah berencana menerbitkan Peraturan Presiden yang mengatur pencegahan kebakaran lahan kepada pemangku kepentingan seperti perusahaan. Cara ini dilakukan supaya kebakaran lahan tidak meluas sebagaimana terjadi tahun 2015. PT Sinarmas Agro Resources and Technology (SMART) Tbk salah satu perusahaan yang punya inisiatif baik dalam pengendalian kebakaran melalui program Desa Makmur Peduli Api. Progaram ini tidak hanya mencegah kebakaran lahan melainkan membangun kesejahteraan masyarakat sekitar.

Baca Juga :   Edisi 20 Juni 2013

Pembaca, kami harapkan edisi ini memberikan dampak positif terkait informasi positif kelapa sawit. Dan tidak lupa redaksi mengucapkan terima kasih tetap setia membaca majalah SAWIT INDONESIA.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Edisi 19 Mei 2013

Sawit Bukan Prioritas. SALAM SAWIT INDONESIA, Keluarnya Instruksi Presiden Nomor6  Tahun 2013 mengenai penundaan izin baru dan penyempurnaan…
Read More

Gas Untuk Industri Nasional

Salam Sawit Indonesia, Amanat Peraturan Presiden Nomor 40/2016 mengenai Penetapan Harga Gas Bumi sangat dinantikan pelaku industri. Beleid…

Edisi 07 Mei 2014

Makin Dikenal, Salam Sawit Indonesia!, Tak Kenal Maka Tak Sayang, pepatah ini sangat cocok dengan Majalah Sawit Indonesia…

Edisi 12 Oktober 2012

Setahun Majalah Sawit Indonesia, Salam Sawit Indonesia, dengan niat memberikan informasi mengenai produk dan teknologi di  industri kelapa…