Ragam Alat Panen Sawit Berkualitas dari CV.Masena

Kualitas produk alat panen sawit harus diperhatikan konsumen dalam rangka menunjang produktivitas.

Panen bisa disebut sebagai fase akhir dalam budidaya tanaman, tak terkecuali pada budidaya kelapa sawit pada skala perkebunan. Bahkan, budidaya kelapa sawit setiap fase atau tahapan harus dilakukan dengan proses yang baik dan benar agar menghasilkan hasil Tandan Buah Sawit (TBS) yang optimal.

Selain dilakukan dengan baik dan benar, proses pemanenan TBS perlu didukung peralatan panen yang memadai sehingga hasil yang didapat bisa optimal sesuai yang diharapkan. Jika melihat di pasaran, beragam alat panen sawit ditawarkan, namun apakah produk (alat panen sawit) sesuai yang diharapkan konsumen atau pelaku usaha sawit?

Tentu, pertimbangan kualitas produk menjadi hal penting yang harus diperhatikan konsumen agar bisa digunakan jangka panjang. Terlebih, siklus tanaman sawit bisa mencapai 25 tahun masa produktivitasnya. Sehingga kualitas alat panen menjadi pertimbangan konsumen saat berinvestasi untuk mendukung operasional.

Salah satu produsen peralatan panen, CV. Masena yang sudah beroperasi lebih dari 10 tahun menyediakan beragam produk alat panen berkualitas, efektif, efisien dan inovatif.

Manager CV. Masena, Okto DL Naibaho mengatakan pihaknya telah menjalankan usaha sebagai produsen alat panen sawit sejak 2009. “Saat ini, ada sekitar lebih 18 item/jenis yang dipasarkan di sektor perkebunan sawit sebagai pendukung proses pemanenan mulai dari egrek, dodos dan lain-lain,” ujarnya, saat dihubungi melalui sambungan telepon, pada Jum’at (9 Juli 2021).

Sebagai informasi, berikut jenis alat panen sawit yang tersedia di CV.Masena, yang berkantor di Pekanbaru, Provinsi Riau. Di antaranya, Harvesting Pole Single (berbagai ukuran), Harvesting Pole MSN Pro (berbagai ukuran), Clamp Pole (single/double), Harvesting Chisel (Dodos), Harvesting Chisel ( Dodos ) Cover Canvas dan Plastik, Harvesting Sickle (Egrek Standar/Long), Harvesting Sickle Egrek Premium (MSN Pro), Harvesting Sickle Egrek Cover Canvas dan Plastik, Harvesting AXE (Kapak), Tojok, Gancu (ukuran 14″ dan 16″), Pengki, Parang Pinggang (PP 112), Parang Babat (ukuran 24″ dan 27″), Batu Asah Cap Dayak dan Diamond, Sarung Kapak Bahan Kain Canvas dan Plastik, Safety Shoes dan lainnya.

Rotary Clamp sebagai produk unggulan

Dari sekian ragam atau jenis produk yang disediakan, CV.Masena memiliki produk unggulan yaitu Rotary Clamp. “Kami memiliki produk Rotary Clamp atau bisa disebut Inner Clamp, yang menjadi produk unggulan. Alat ini sebagai penyambung galah yang ditautkan pada fiber. Pemakaian produk ini sangat memudahkan pekerjaan pemanenan sawit khususnya pada tanaman kelapa sawit dengan tinggi 8 – 18 meter. Pemanen tidak perlu menaik turunkan fiber pada saat perpindahan pokok saat melakukan pekerjaan. Hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga,” kata Okto.

Bahkan, Rotary Clamp sudah dipatenkan oleh CV.Masena dengan nomor paten IDS000002300. Produk ini, adalah inovasi terbaru dari CV.Masena dikombinasi dengan Harvesting Pole MSN Pro, dengan kelebihan ringan, kuat dan tidak lentur.

Pengalaman memproduksi dan memasarkan alat panen berkualitas menjadi bekal bagi CV.Masena untuk terus mengembangkan pasar di sektor perkebunan sawit khususnya di Pekanbaru, Provinsi Riau yang menjadi sentra kelapa sawit sebagai komoditas strategi unggulan nasional. Dan, memiliki visi menjadi perusahaan besar yang menyediakan alat-alat panen sawit di Indonesia.

“Kami menginginkan pelaku usaha sawit menggunakan peralatan panen yang bisa digunakan dalam jangka panjang. Dengan memiliki produk alat panen yang bagus, berkualitas, tahan lama (tidak mudah rusak) dan harga yang kompetitif,” ujar Okto.

Selain menyediakan produk yang berkualitas karena sebelum dipasarkan produk-produknnya melalui tahapan uji lapangan (trial). Produk by custome atau sesuai dengan keinginan user (konsumen). Terbuka untuk menerima kritik dan saran dari user guna meningkatkan kualitas produk. Dan, yang lebih menarik adanya kontrol dan maintenance produk oleh tim CV.Masena kepada user. “Hal ini yang menjadi nilai tambah yang didapat konsumen ketika menggunakan produk yang kami sediakan,” imbuh Okto.

Konsumen juga tidak hanya mendapat nilai tambah saat mengaplikasikan produk dari CV.Masena, melainkan mendapatkan layanan purnajual yaitu garansi produk, follow up dan maintenance produk secara berkala. Layanan purnajual ini juga menjadi service yang dikedepankan CV.Masena.

(Selengkapnya dapat dibaca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 117)

25 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like