JAKARTA – PT Pupuk Indonesia (persero) beserta seluruh anak perusahaan berhasil menjaga kinerja positif di era pandemi Covid-19. Keberhasilan ini salah satunya melalui program transformasi, inovasi teknologi dan pengembangan talenta unggul. 

Pupuk Indonesia beserta seluruh anak perusahaannya bertransformasi dari perusahaan yang production centric menjadi consumer centric, meningkatkan supply chain excellence dan digitalisasi di berbagai bidang, serta perubahan menjadi activist holding, sehingga membawa Pupuk Indonesia Grup meningkatkan kinerjanya selama tahun 2021. 

Keberhasilan ini diganjar sejumlah penghargaan di ajang Anugerah BUMN 2022 yang digelar majalah BUMN Track di Jakarta (24/3). Pupuk Indonesia meraih 4 penghargaan sekaligus di kategori Inovasi Bisnis dan Teknologi Terbaik, Pengembangan Talenta Unggul, Best CEO BUMN untuk Direktur Utama, Bakir Pasaman serta penghargaan Best Corporate. 

Selain Pupuk Indonesia, sejumlah anak perusahaan yang turut mendapat penghargaan adalah PT Pupuk Kaltim (Kategori The Best CEO Anak Perusahaan, Strategi Tumbuh & Bertahan, dan Transformasi Organisasi), PT Petrokimia Gresik (Kategori CEO Driving Execution dan Pengembangan Talenta Unggul), PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Kategori CEO Consistent Growth on Productivity dan Tata Kelola Perusahaan), PT Pupuk Kujang Cikampek (Kategori Transformasi Organisasi), dan PT Rekayasa Industri (Kategori CEO Distinctive Competency Development dan Pengembangan Talenta Unggul). 

Wakil Direktur Utama PI, Nugroho Christijanto, mengungkapkan bahwa Perusahaan menerapkan lima pilar strategic house, yaitu menjadi perusahaan penyedia nutrisi tanaman yang lebih customer-centric melalui riset dan pemasaran yang terintegrasi, meningkatkan kehandalan operasi, digitalisasi rantai pasok, optimalisasi pasokan bahan baku, serta menjaga keberlangsungan dan menjalankan circular economy. 

“Transformasi yang kami lakukan dapat meningkatkan efisiensi, perubahan proses bisnis dan implementasi digitalisasi menjadi perusahaan yang semakin memperhatikan kebutuhan pelanggannya”, kata Nugroho. 

Pupuk Indonesia Grup juga aktif menjalankan sejumlah agenda G20, termasuk melakukan transisi energi melalui program dekarbonisasi, termasuk diantaranya pengembangan green dan blue ammonia. 

“Kami menaruh perhatian besar terhadap isu-isu lingkungan dan sustainability menuju green industry,sesuai dengan roadmap dekarbonisasi yang telah dicanangkan perusahaan”, katanya. 

Nugroho menambahkan penghargaan yang diperoleh pada Anugerah BUMN tidak lepas dari peran seluruh insan Pupuk Indonesia Grup yang konsisten menjalankan transformasi bisnis dan berbagai inovasi. Nugroho mengatakan bahwa Pupuk Indonesia akan terus berkembang tidak hanya di bidang pupuk, tetapi juga pada sektor petrokimia. 

“Oleh karena itu, sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas penghargaan dan juga dukungan direksi Pupuk Indonesia, manajemen, dan seluruh insan Pupuk Indonesia Grup,” kata Nugroho. 

Sementara itu, Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN Tanri Abeng mengatakan bahwa penghargaan anugerah BUMN ke-11 merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh perusahaan pelat merah maupun anak usahanya yang berhasil menjawab tantangan. 

Tanri menjelaskan tantangan para BUMN dalam dua tahun ini adalah pandemi Covid-19, yang mengakibatkan krisis kesehatan dan berujung pada krisis ekonomi. 

“Ada satu hal bahwa pada pemilihan tahun ini, teman-teman BUMN dihadapkan situasi yang sulit yaitu krisis, krisis kesehatan melahirkan krisis ekonomi, double krisis ini menjadi tantangan luar biasa teman-teman di BUMN,” kata Tanri. 

Menurutnya, BUMN yang berhasil melewati tantangan krisis ekonomi terbukti memberikan kontribusi nyata kepada negara. Oleh karena itu, patut diberikan penghargaan melalui anugerah BUMN ke-11 tahun 2022. 

“Karena selain harus menciptakan nilai ekonomi, BUMN juga harus menghasilkan sosial value, dan BUMN harus mendukung sosial politik.Jadi lebih mudah kita mengelola perusahaan swasta ketimbang BUMN. Makanya kami sepakat perlu memberikan apresiasi kepada BUMN kita,” tambah Tanri.

Anugerah BUMN diselenggarakan rutin setiap tahun merupakan bentuk apresiasi terhadap langkah yang telah diambil dan pencapaian kinerja BUMN serta Anak Perusahaan BUMN. Penganugerahan ini secara khusus diberikan kepada mereka yang sudah memberikan kontribusi baik dalam peningkatan kinerja bisnisnya maupun kontribusi BUMN yang nyata bagi negeri.

Sumber: bumn.go.id

Share.