Pekanbaru – PT Perkebunan Nusantara V turut menyemarakkan Festival Bagholek Godang yang diselenggarakan di Lapangan Merdeka, Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau.

Festival rakyat yang menampilkan ragam kesenian kebudayaan serta puluhan stand serta bazar dengan mengangkat potensi daerah tersebut turut dimeriahkan stand perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Kampar, termasuk anak Perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III Persero, PTPN V.

Corporate Secretary PTPN V, Bambang Budi Santoso dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Rabu (10/8/2022) mengatakan dalam pesta rakyat ini, PTPN V menampilkan sejumlah program unggulan sepert peremajaan sawit rakyat serta program penyediaan jutaan bibit sawit unggul kepada petani swadaya melalui aplikasi berbasis android, Sawit Rakyat Online.

“PTPN V adalah bagian dari masyarakat Kampar. Kita ingin terlibat aktif dalam semarak Bagholek Godang dengan menampilkan program-program unggulan kami kepada masyarakat melalui stand kami,” kata Bambang.

Selain itu, ia mengatakan masyarakat juga dapat menyaksikan tandan buah segar (TBS) berukuran jumbo PTPN V yang belakangan viral dan diperbincangkan masyarakat setempat di media sosial. TBS yang ditampilkan tersebut merupakan jenis DxP Simalungun dari Kebun Inti PTPN V unit Tandun dengan ukuran besar yang mencapai 50 kilogram per TBS.

Kemudian, masyarakat juga dapat menyaksikan satu dari tiga drone geospasial PTPN V. Melalui drone tersebut, PTPN V dapat mendapat data luas kebun, jumlah tegakan tanaman, topografi, hingga sarana jalan serta jembatan secata tepat dan akurat. Selanjutnya, produk peralatan mekanisasi pertanian produksi salah satu mitra binaan PTPN V yang merupakan 100 persen pemasok utama peralatan mekanisasi PTPN V juga turut dipamerkan dalam festival tersebut.

“Dan perlu diketahui, mitra kita ini berasal dari Kabupaten Kampar. Mereka menjadi pemasok utama peralatan panen PTPN V. 100 persen peralatan panen kami dari teman-teman mitra binaan kita,” ujarnya.

Bambang mengaku bahagia respon masyarakat Kampar sangat positif dengan keberadaan stand PTPN V. Saban hari, kata dia, stand PTPN V yang berdiri tepat di pinggir kanan panggung utama dijejali ratusan pengunjung yang tertarik akan program-program unggulan perusahaan.

“Terimakasih kepada Pemkab Kampar, Bapak Kamsol selaku Pj Bupati dan masyarakat Kampar atas dukungannya kepada PTPN V,” lanjut pria berkacamata tersebut.

Pj Bupati Kampar H Kamsol dalam pengarahannya menyampaikan, Festival Bagholek Godang ditaja untuk melestarikan budaya daerah serta mengenalkan ke generasi muda. Ia menyampaikan terima kasih kepada para perusahaan yang menjadi sponsor kegiatan ini, baik kepada PTPN V dan perusahaan BUMN, BUMD dan swasta lainnya.

“Secara umum Festival Bagholek Godang bertujuan sebagai sarana promosi wisata, budaya, kesenian, menghimpun UMKM dan tempat bertemunya penjual dan pembeli,” ujar Kamsol.

Selain itu sebagai sarana promosi potensi daerah, perbaikan ekonomi masyarakat dan ajang mempromosikan berbagai pencapaian bupati selama Pj Bupati Kampar menjabat.

Festival Bagholek Godang yang juga bagian dari rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77 dan Hari Ulang Tahun Provinsi Riau ke-65 sebelumnya dibuka pada Sabtu (6/8/2022) malam di Lapangan Merdeka, Bangkinang. Festival yang dimulai dengan pawai budaya yang diikuti ribuan peserta akan berlangsung hingga Jumat (12/8/2022) mendatang.

Sumber: ptpn5.com

Share.