PT Indo Traktor Utama menyediakan produk Backhoe Loader Manitou hemat bahan bakar.

Di sektor perkebunan sawit, Manitou mempunyai unit alat berat yang mampu memahami kebutuhan industri sawit. Produk Manitou antara lain Telehandler, Skid Steers Loader, dan Backhoe Loader dengan berbagai keunggulan dan nilai tambah. Salah satu produk unggulan Manitou adalah Backhoe Loader TLB-818 berkapasitas 92HP dengan Smart UC Hydraulics agar mendapatkan konsumsi bahan bakar lebih rendah dan dilengkapi dengan Telematic System (Easy Manager).

Sektor perkebunan terutama perkebunan sawit di Indonesia, plantation merupakan bisnis yang sangat dinamis dan berkelanjutan.Pada awal tahun 2000, Manitou mulai masuk pasar di sektor perkebunan untuk mengetahui kebutuhan alat beratapa yang sering digunakan. Kehadiran Manitou sudah menjadi solusi alternatif kegiatan di perkebunan dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS).

Reza Pahlevi, Manitou Agriculture and Agro Industry Saled Head PT Indo Traktor Utama, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Majalah Sawit Indonesia,  menjelaskan aplikasi Manitou Backhoe Loader telah digunakan di sektor industri sawit (pabrik). “Manitou Backhoe Loader digunakan untuk jenis pekerjaan antara lain seperti pembuatan parit, pembuatan rorak, perawatan jalan, pekerjaan konstruksi seperti penggalian pondasi bangunan dan jembatan. Manitou Backhoe Loader juga dapat digunakan untuk membantu pekerjaan di loading ramp serta loading dan unloading buah sawit,” jelasnya.

Perkembangan industri sawit yang cukup pesat hingga saat ini menjadi komoditas unggulan nasional. Untuk itu, menjadi pasar potensial bagi distributor alat berat untuk memasarkan produk yang dibutuhkan di industri sawit. Takter kecuali, PT Indo Traktor Utama selaku distributor produk alat berat merk Manitou.

PT Indo Traktor Utama, dealer alat berat, melayani penjualan Manitou Backhoe Loader beserta after salesspare parts dan service. PT Indo Traktor Utama melayani layanan purna jual yaitu ketersediaan spare parts serta tenaga mekanik yang terlatih. Dan sebagai upaya menjaga skill mekanik di tengah pandemic Covid-19 yang membatasi kerumunan, pihaknya mengadakan webinar untuk menjaga komunikasi serta melakukan refreshment training secara virtual.

Dan, tak kalah menarik pula kebijakan pemerintah mengimplementasikan mandatory biodiesel B30 di Indonesia. Reza menegaskan bahwa produk yang dijual salah satunya Manitou Backhoe Loader sangat aplikatif dengan B30 bahkan akan disiapkan menuju B50. Kendati terkait, Reza menyarankan ada treatment yang harus dilakukan secara berkala untuk menjaga performa mesin tetap optimum.

“Backhoe Loader yang dibutuhkan industri sawit adalah backhoe loader tangguh yang memiliki kapasitas dan manuver yang baik,” imbuhnya. Untuk itu, pihaknya terus berkomunikasi dengan principal Manitou dalam mengembangkan backhoe loader di industri sawit. “Ini upaya yang kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan alat berat di industri sawit,” tambah Reza.

Untuk meningkatkan penjualan di tengah Covid-19, pihak PT Indo Traktor Utama juga menggandeng perusahaan pembiayaan untuk kemudahan pembiayaan (kredit) konsumen. Dan, untuk kemudahan pelayanan konsumen baik after sales, spare parts, dan service, PT Indo Traktor Utama memiliki 6 cabang dan 22 site support yang tersebar di Indonesia.

Telematic System (Easy Manager)

Umumnya, perkebunan kelapa sawit yang ada di Indonesia masih berada di daerah yang aksesnya sangat minim. Untuk itu, memerlukan peralatan yang dapat di kontrol dari jarak jauh seperti GPS Tracker. Untuk menjawab kebutuhan konsumen. Manitou menyematkan teknologi tersebut pada produk Telehandler. Produk ini dilengkapi dengan alat digital dan agar informasi mengenai unit tersebut dapat dimonitor melalui komputer atau pun smart phone sehingga memudahkan untuk mengontrol atau memonitoring.

Easy Manager dapat diakses dengan laptop atau komputer serta smart phone berbasis android dan IOS. Caranya mudah hanya dengan memasukan User ID dan passwordnya yang diakses dengan kebutuhan masing-masing dealer. Misalnya dealer bisa memonitoring semua unit di bawah teritorinya memudahkan mendapatkan akses hour meter alat dan tentang waktu service, dan juga mengetahui beberapa paramenter terkait dengan operasional alat tersebut.

8 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like