Redaksi Majalah Sawit Indonesia, Jl. Kelapa Dua Wetan Raya. Komp. PTB Blok. 1A No.11. Ciracas Jakarta Timur.

No. Telp 021-8770-6153

redaksi@sawitindonesia.com

Gerobak Sorong Alpha Premium : Pilihan Tepat Untuk Mengangkut Hasil Panen

Gerobak Sorong Alpha Premium : Pilihan Tepat Untuk Mengangkut Hasil Panen

Kegiatan proses panen kelapa sawit membutuhkan alat pengangkut gerobak sorong yang kuat, kokoh dan tahan lama. Awal Januari 2014 ini telah hadir Alpha Premium, salah satu produk gerobok sorong yang mampu  membawa beban seberat 300 kilogram yang mana produk ini ditunjang oleh 2 buah komponen yang merupakan inovasi paten baru yaitu Velg Double Bearings dan Alpha Wheelsupport

Dalam membawa hasil panen kelapa sawit dari dalam blok perkebunan ke tempat pengumpulan buah, biasanya menggunakan angkong atau lebih dikenal dengan gerobak sorong. Kalangan petani dan pengusaha kebun masih mengandalkan gerobok sorong walaupun muncul mini traktor dan all terrain vehicle (ATV) yang berfungsi sama. Dimana salah satu faktor pertimbangan adalah harga gerobak sorong yang relatif murah.

PT Handoko Putra Jaya, sebagai produsen gerobak sorong bermerek Alpha, mulai ikut memasarkan produk gerobak sorong sejak tahun 2010 dimana produk ini memang sudah sejak tahun 1990-an banyak dipakai sebagai sarana alat angkut di perkebunan sawit.

Sonny Handoko, Direktur PT Handoko Putra Jaya, menjelaskan bahwa dari awal penjualan produk gerobak sorong memang difokuskan kepada perkebunan kelapa sawit, dimana sering digunakan sebagai alat pengangkut hasil panen. Dan seiring dengan kebutuhan akan gerobak sorong yang kuat dan tahan lama, maka dibuatlah produk inovasi baru yang dinamai Alpha Premium. Produk ini terbuat dari 80% material logam dan sisanya material plastik dan karet alam serta semakin difokuskan untuk memenuhi kebutuhan industri perkebunan kelapa sawit dengan disediakannya informasi pada portal www.gerobaksawit.com.

“Untuk keperluan itu, desain gerobak sorong ini memang dibuat khusus dengan memakai ban besar 4.80 , Velg Double Bearings serta Alpha Wheelsupport agar dapat melakukan kegiatan proses panen yang efisien pada perkebunan sawit,” ujarnya.

Desain khusus Alpha Premium adalah bertujuan untuk menghindari kerusakan struktur roda gerobak sorong lantaran tidak mampu menahan beban TBS. Bobot produk ini sebesar 15 kilogram yang mampu membawa beban angkut sebesar 300 kilogram. Bahkan, gerobak sorong ini memiliki 2 komponen yang sanggup menahan beban statis sebesar 2.000 kilogram dan tetap dalam kondisi baik.

Sebagai produsen gerobak sorong, menurut Sonny Handoko, perusahaan sangat paham dengan kebutuhan pekebun sawit. Itu sebabnya, Alpha Premium dibuat dengan ketahanan roda yang kokoh supaya tidak cepat rusak. Berbeda dengan produk lain, gerobak sorong Alpha Premium unggul dari segi velg, wheelsupport dan ban gerobak, dimana ukuran ban Alpha Premium sebesar 4,80 terbuat dari karet alam sehingga lebih kuat dan tahan lama.

Selain itu digunakan pula jenis velg double bearings yang anti karat dan anti pecah, ditambah dengan empat buah bearings jenis deep grove yang sering digunakan pada mesin dengan putaran tinggi. Sehingga pada akhirnya memiliki usia pakai dua kali lebih lama dari yang umum biasa dipakai pada produk sejenis.

“Bagian gerobak yang kami perhatikan adalah bagian poros roda dan struktur penahan roda (wheelsupport) agar tahan karat dan tidak bisa penyok atau pecah serta adanya konstruksi kaki penahan gerobak yang lebih besar dibandingkan produk lainnya,” imbuhnya.

Uji kualitas juga sudah pernah dilakukan untuk mengetahui ketangguhan Alpha Premium. Sonny Handoko menjelaskan bahwa gerobak sorong ini telah dites dengan membawa beban seberat 300 kilogram yang berjalan lebih dari 250 kilometer. Selesai uji coba ternyata hasil memuaskan dan tidak ditemukan kerusakan pada struktur roda. Alhasil, perusahaan yakin bahwa produk inilah yang selama ini dicari oleh pelaku perkebunan sawit .

Sonny juga menyebutkan bahwa penggunaan gerobak Alpha Premium tidak akan bermasalah di bagian rodanya sehingga kegiatan panen tetap berjalan lancar dan membantu peningkatan mutu buah. Dari waktu pemakaian, produk ini lebih tahan lama dibandingkan milik kompetitor lain.

Gerobak Alpha Premium dibandrol dengan harga antara Rp 450.000-Rp475.000 per unit. Dimana menurut Sonny, kendati harganya terbilang tinggi tetapi perusahaan yakin dari segi kualitas produk, ketahanan serta usia pakai sangatlah sesuai dengan harganya.

Pemasaran Alpha Premium tersebar di seluruh kota di Indonesia, dimana PT Handoko Putra Jaya telah memiliki agen yang menyediakan juga kebutuhan suku cadang gerobak sorong seperti roda besar ukuran 4.80, roda kecil ukuran 3.25 dan velg double bearings yang juga sesuai dan dapat dipakai untuk semua merek gerobak di Indonesia.
Sekarang ini, penggunaan gerobak sorong semakin beragam tidak hanya untuk pemanenan. Melainkan, dapat dipakai untuk membawa limbah padat sawit seperti tandan kosong yang dijadikan sumber pupuk kompos.

Sonny Handoko tetap yakin dan optimis bahwa penjualan produknya akan kian meningkat di tahun-tahun mendatang, seiring dengan tumbuhnya industri perkebunan kelapa sawit yang membutuhkan gerobak yang berkualitas dan tahan lama. Itu sebabnya, Alpha Premium merupakan pilihan tepat untuk industri perkebunan kelapa sawit. (Anggar Septiadi)


 6815,    Profil Produk