Redaksi Majalah Sawit Indonesia, Jl. Kelapa Dua Wetan Raya. Komp. PTB Blok. 1A No.11. Ciracas Jakarta Timur.

No. Telp 021-8770-6153

redaksi@sawitindonesia.com

CAT 320D2, Memperkuat Pasar Excavator Trakindo

CAT 320D2, Memperkuat Pasar Excavator Trakindo

Hadirnya CAT 320D2 menambah daftar pilihan pengguna setia produk PT Trakindo Utama (Trakindo) khususnya excavator. Bagi pelaku sawit, excavator model ini sangatlah cocok untuk digunakan di pekerjaan pembukaan lahan kebun. Kendati pasar sedang lesu namun perusahaan mematok  target penjualan dapat mencapai 1.000 unit. 

Akhir Februari di Jakarta, Trakindo meluncurkan produk hidrolik excavator seri CAT 320D2 yang bermain di kelas 20 ton. Excavator ini merupakan pengembangan dari seri sebelumnya sehingga dilengkapi dengan berbagai keunggulan. Ditengah lesunya bisnis tambang, Trakindo membidik sektor perkebunan dan infrastruktur sebagai pasar utama CAT 320D2.

Handoko J. Santoso Chief Sales Officer Trakindo mengungkapkan perusahaanya sudah dua tahun belakangan merambah sektor di luar pertambangan. “Kita memang sudah antisipasi kelesuan industri tambang sejak dua tahun lalu, makanya kita memfokuskan ke industri kontruksi, perkebunan, dan kehutanan,”katanya kepada Sawit Indonesia.
Penjualan CAT 320D2 sebesar 25% menggarap sektor perkebunan, dengan perkebunan sawit sebagai fokus. “Di Indonesia, excavator kelas 20 ton kira-kira hampir setengah dari seluruh kebutuhan alat berat di Indonesia,”ujar Handoko.

Untuk seri CAT 320D2, dilengkapi mesin terbaru CAT C7.1. Dengan adanya fitur mode ECO, mesin dapat bekerja optimal dan mampu hemat bahan bakar hingga 15%. Sehingga, excavator mempunyai ketahanan dari dampak buruk bahan bakar berkualitas rendah. Selain itu, mesin CAT C7.1 juga sudah memenuhi peraturan emisi EPA Tier 2 AS, Tier 2 Cina, dan Stage II UE sehingga ramah terhadap lingkungan.

Mesin C7.1 dilengkapi sistem filtrasi yang disempurnakan guna memastikan keandalan komponen sistem injeksi bahan bakar. Interval servis telah diperpanjang dan jumlah filter dikurangi untuk memaksimalkan performa CAT 320D2.

“Internal servis yang lebih lama juga membuat biaya operasional yang lebih rendah, serta letak filter yang terpisah dan mudah dijangkau dapat mengurangi waktu dalam hal pemeliharaan rutin,” ujar Ivanlie, Manager Marketing Construction, PT Trakindo Utama pada kesempatan yang sama.

CAT 320D2 berkapasitas 104 KW dan bertenaga 139 HP yang telah teruji di lapangan mampu bekerja secara efisien di ketinggian sampai 4000 meter. Selain itu, CAT 320D2 mampu memiliki kecepatan ayun hingga 10,9 RPM dan daya torsi sebesar 61,8 kN. Dengan performa demikian, CAT 320D2 merupakan excavator yang tangguh dan dapat digunakan dalam proses land clearing kebun sawit.

Tekanan sistem hidraulik excavator ini sebesar 35.000 kPa (5076 psi) dengan aliran 392 l/mnt. (103,6 Gal-AS/mnt.) Masing-masing kedua pompa hidraulik meningkatkan kinerja penggalian dan produktivitas. Sistem pilot excavator bersifat independen yang membuat kontrol presisi secara mulus untuk mengoperasikan linkage depan, swing, dan travel. Tata letak komponen dibuat sedemikian rupa untuk menghasilkan efisiensi sistem tingkat tinggi. Pompa utama, katup kontrol, dan tangki hidraulik saling berdekatan untuk memperpendek pipa dan saluran antar komponen, guna mengurangi rugi gesekan dan penurunan tekanan.

Ivanlie menambahkan seri terbaru excavator ini memliki daya torsi yang tinggi sehingga menghasilkan respon mesin lebih baik sebesar 22 persen. “Produk CAT 320D2 ini hadir dengan penggunaan mesin tipe terbaru yang memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan model pendahulunya,” katanya.

Untuk bucket, CAT 320D2 menyediakan berbagai varian disesuaikan dengan kondisi lapangan, mulai dari yang ringan sampai berat. Disediakan lima tipe bucket untuk menunjang segala kebutuhan pelanggan. Kemampuan jangkauan dari CAT 320D2 dapat mencapai 15,72 meter yang mampu memberikan efisiensi penggunaan dan produktivitas tinggi dalam aplikasi perkebunan sawit.

Bagi operator, CAT 320D2 dibuat dengan memerhatikan kenyamanan dan keamanan dalam mengoperasikannya. Ruang operator dirancang secara ergonomis, lapang, tenang, dan nyaman sehingga akan membantu operator bekerja. Berikutnya, semua sakelar terdapat pada konsol sebelah kanan untuk akses yang mudah. Terdapat monitor Layar Kristal Cair (LCD, Liquid Crystal Display) berwarna. Dinding kabin operator dipasang rangka dengan dudukan kabin karet rekat, yang meredam getaran dan tingkat kebisingan guna meningkatkan kenyamanan operator. Kenyamanan lain didukung keberadaan tabung baja tebal di sepanjang perimeter bawah kabin yang membantu resistansi terhadap keletihan dan getaran.

Diluncurkan awal 2014, Handoko optimis CAT 320D2 mampu terjual hingga 1000 unit pada tahun ini. Optimisme Handoko hadir karena melihat pasar excavator di Indonesia sangat tinggi khususnya kelas 20 ton. CAT 320D2 dibandrol dengan harga kurang lebih sekitar Rp 1,3 milliar per unit tergantung pada aplikasi yang melekat pada unit tersebut.

Tahun lalu secara keseluruhan Trakindo berhasil menguasi pangsa pasar alat berat sebesar 20 persen, dan menargetkan menjadi 25 persen untuk tahun ini dengan daerah Kalimantan sebagai konsentrasi terbesar penjualannya.

Pengalaman selama lebih dari 40 tahun dalam industri alat berat yang dimiliki Trakindo membuat pelanggan tak perlu khawatir terhadap layanan purna jual yang diberikan.“Produk terbaru ini pastinya akan mendapat dukungan layanan purna jual yang sama dengan produk kami lainnya. Kami juga optimis produk terbaru kami mendapatkan sambutan positif dari seluruh pelanggan kami”, jelas Handoko.

Trakindo merupakan satu-satunya dealer alat berat yang siap bekerjasama dengan pelanggan secara end to end, dimulai dari survei lapangan untuk membantu pemilihan alat bagi pelanggan, pelatihan operator secara cuma-cuma untuk mendukung kelancaran operasional, kerjasama perawatan dan perbaikan, serta ketersediaan suku cadang di 65 cabang di indonesia.

Selain itu, Trakindo juga menyediakan layanan used equipment, rental juga transaksi dengan skema tukar tambah. Program ini didukung oleh beberapa lembaga pembiayaan terkemuka. Pun Trakindo siap memberikan solusi pembiayaan bagi pelanggan yang membutuhkan.

“Bagi kami pelanggan merupakan mitra bisnis yang penting oleh karenanya seluruh layanan yang kami berikan adalah merupakan cerminan profesionalisme dan dedikasi kami untuk mendukung kelancaran bisnis mereka,” kata Handoko.

Ditambahkan lagi, kesuksesan bisnis pelanggan adalah merupakan kesuksesan Trakindo. Maka, perusahaan yakin kegiatan launching produk CAT 320D2 dapat lebih memperkenalkan produk dan layanan Trakindo kepada pelanggan mereka. (Anggar Septiadi)

 


 7846,    Profil Produk