Probesco dan LiuGong Perluas Jaringan Produk Alat Berat

PT Probesco Disatama memperluas segmen produknya melalui kerjasama dengan LiuGong. Berupaya memberikan solusi alat berat terbaik kepada konsumen di Indonesia.

Sebagai upaya mengembangkan bisnisnya, PT Probesco Disatama,  perusahaan penyedia alat berat, menjalin kerjasama dengan LiuGong – produsen alat berat ternama asal Tiongkok. Kerjasama ditandai dengan Memorandum of Understanding (MoU) di Jakarta, Selasa (16 Juli 2019).

Chief Executive Officer, PT Probesco Disatama, Henk Wibiwarsono menjelaskan ada sejumlah alasan yang menguatkan pihaknya untuk menggandeng LiuGong. Di antara produk alat berat lainnya, LiuGong memiliki komitmen besar melayani dealer dan customer serta memahami pasar alat berat di Indonesia.

“LiuGong merupakan brand baru bagi Probesco yang akan dipasarkan di Indonesia. Dan, kami sepakat bersama-sama mengembangkan brand lebih besar,” ujar Henk.

Saat ini, Probesco memiliki networking yang tersebar di beberapa pulau di Indonesia. Hal ini akan memudahkan mengenalkan brand baru dengan produk-produk alat berat yang menjadi kebutuhan customer.

“Probesco memiliki networking yang tersebar di kota-kota besar seluruh Indonesia, sudah sekitar 20 cabang. Di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua sudah ada jaringan (cabang dealer) yang melayani sales, sparepart dan teknisi yang memadai tersedia untuk melayani customer. Hal ini menjadi modal yang cukup untuk penetrasi pasar yang ada di Indonesia,” tambah Henk.

Henk berharap kerjasamanya membuka peluang untuk terus mengembangkan pasar di bisnis perkebunan, infrastruktur dan tambang yang saat ini tengah berkembang.

“Kami melihat perkembangan pasar di Indonesia cukup menjanjikan. Setelah kontestasi politik dan ada pernyataan dari presiden terpilih pembangunan infrastruktur tetap menjadi bidang yang terus dikembangkan untuk pembangunan Indonesia,” tambahnya.

Menurutnya LiuGong nantinya akan mendukung pembangunan infrastruktur yang tengah dijalankan pemerintah Indonesia saat ini dan lima tahun mendatang, dengan produk-produk yang lengkap dengan harga yang kompetitif.

Sementara itu, saat ditemui ditempat yang sama, Harvey Chen, General Manager LiuGong Machinery Asia Pasific Pte Ltd menyampaikan pihaknya menjalin kerjasama dengan Probesco ingin mengenalkan produknya dan memiliki mitra baru di Indonesia dengan, menyediakan produk berkualitas tinggi dengan dukungan tim profesional.

“Mitra baru kami (Probesco) memiliki jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia, menjadi salah satu alasan sepakat untuk saling menguatkan bisnis di bidang alat berat di Indonesia,” kata Harvey.

Lebih lanjut, Harvey mengatakan Liugong merupakan brand dengan produk yang sangat kompetitif, kehadirannya akan memberikan solusi bagi yang membutuhkan alat berat untuk mendukung pengembangan sektor perkebunan, infrastruktur, konstruksi dan sektor lainnya.

Saat ini, LiuGong memiliki 19 lini produk termasuk earthmoving, road equipment, mining machinery, material handing, piling machinery dan lainnya. Namun, untuk kerjasama dengan Probesco difokuskan pada sektor perkebunan, infrastruktur dan tambang dengan memasok paket mesin lengkap dan solusi lengkap kepada customer.

Produk-produk LiuGong mempunyai beberapa fitur di antaranya mampu bekerja dengan beban berat, kualitas tinggi, dapat diandalkan, hemat konsumsi bahan bakar, mudah dioperasikan dan perawatan. Liu Gong juga menjalin kerja sama dengan ZF Germany dan Cummins Amerika mengembangkan Transmisi dan Mesin berkelas dunia sehingga produk-produknya berkualitas”

Selain itu, LiuGong juga mempunyai dukungan Sumber Daya Manusia riset dan pengembangan produk kurang lebih 1.000 untuk menjamin kualitas produk. LiuGong pertama membuat wheel loader di China. Sampai tahun lalu sudah memproduksi total 400.000 unit wheel loader.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 94, 15 Agustus – 15 September 2019)

3 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like