Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) – KLHK bersama dengan International Tropical Timber Organization (ITTO) menggelar persiapan kegiatan seri webinar pengendalian karhutla, 11/3/2022. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah penyebaran informasi terkait kebijakan dan implementasi pengendalian karhutla.

Direktur PKHL Basar Manullang mengungkapkan kegiatan seri webinar akan dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2022. Kegiatan daring ini akan menghadirkan narasumber kompeten yang berasal dari dalam dan luar negeri. 

“Kejadian karhutla tidak hanya melanda Indonesia, di negara lain bahkan ada yang lebih parah. Mereka juga terus melakukan upaya pengendalian karhutla, tentu saja dengan karakteristik dan pendekatan yang sesuai dengan kondisi spesifik di negaranya,” jelas Basar.

“Karhutla hampir setiap tahun melanda Indonesia, sebab paling utama adalah aktivitas manusia. Dampak negatif terjadi di semua aspek kehidupan, baik ekonomi, sosial, ekologi atau lingkungan, politik dan hubungan internasional. Akibat ini akan semakin masif jika terjadi di lahan gambut,” jelas Basar.

Basar menambahkan berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan permasalahan ini. Kita telah melaksanakan sosialisasi, patroli pencegahan karhutla, pembentukan dan pemberdayaan Masyarakat Peduli Api, penanggulangan kebakaran sedini mungkin, optimalisasi pemanfaatan Early Warning System (EWS), serta banyak kegiatan lainnya.

“Implementasi pengendalian karhutla yang dilaksanakan di Indonesia bisa menjadi pembelajaran yang berharga. Sehingga sharing informasi dan implementasi tersebut bisa menjadi referensi dalam mengambil langkah antisipatif, responsif, dan implementatif dalam pengambilan kebijakan di tempat lain,” terang Basar.

Basar mengungkapkan melalui kegiatan kerjasama KLHK-ITTO PP-A/56-340-1, bisa menjadi media diseminasi kebijakan dan kerja nyata yang telah kita lakukan, termasuk experiences, success story, maupun lesson learned dari segala pendekatan dan terobosan yang telah kita Indonesia-KLHK lakukan dalam pengendalian karhutla. Melalui webinar tersebut, kita juga bisa memperoleh pembelajaran dan pengetahuan berkaitan dengan kebijakan dan/atau implementasi pengendalian kebakaran hutan di belahan lain dunia, tentu saja dari narasumber-expert yang sangat berkompeten dari negara lain.

“Kami berharap penyelenggaraan Webinar Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan nantinya dapat berjalan dengan lancar dan hangat, serta dapat memberikan hasil yang positif dan konstruktif,” pungkas Basar.

Sumber: sipongi.menlhk.go.id

Share.