Perkuat Akses Pasar dan Pengenalan Produk Indonesia di Hong Kong melalui “Hong Kong Food Expo 2021”

Hong Kong, RRT – KJRI Hong Kong terus berupaya mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui berbagai kegiatan dan aktivitas di wilayah kerja, selain secara konsisten menginformasikan peluang dan perbaikan kebijakan iklim investasi dan perdagangan di Indonesia kepada calon investor dan distributor potensial, KJRI Hong Kong juga rutin mengikuti pameran dan expo untuk lebih memperkenalkan produk Indonesia di pasar setempat. Salah satunya melalui keikutsertaan Indonesia pada gelaran pameran ” Hong Kong Food Expo 2021″ yang diadakan pada 12-16 Agustus 2021 di Hong Kong Convention and Exhibition Center. 

“Partisipasi KJRI Hong Kong dalam pameran ini merupakan upaya untuk mendukung Pemerintah RI dalam pemulihan ekonomi nasional dan memperkuat kehadiran produk-produk Indonesia di pasar lokal sekaligus membuka akses pasar bagi pengusaha-pengusaha baru UMKM di Indonesia. Kegiatan ini menjadi kesempatan yang baik bagi Indonesia untuk memperkenalkan dan menghubungkan distributor Hong Kong dengan pelaku UMKM di tanah air,” ujar Konsul Jenderal RI di Hong Kong, Ricky Suhendar. 

Selain memamerkan berbagai produk Indonesia, KJRI Hong Kong juga sukses menggaet sejumlah pembeli potensial dan memfasilitasi business matching antara pengusaha Hong Kong dan produsen di Indonesia. Enam perusahaan Indonesia yang ditampilkan antara lain PT Rasa Prima Sukses Makmur yang memproduksi rempah-rempah dan bumbu, PT Nutragen – Produk Yoghurt, PT Sumber Kopi Prima – Produk Kopi, PT Mena Cookies – Produk Kue Kering, PT Toba Surimi – Produk Canned Seafood dan PT Bangun Segera Sukabumi – Produk Gula Aren.

Selain itu, Booth Indonesia juga memfasilitasi enam perusahaan yang tergabung dalam marketplace digital Indonesia yakni IDN Store, keenam perusahaan dimaksud antara lain: PT Rodamas Inti Internasional, PT Evyna food Indonesia, CV Abon Cap Koki PT Marimas Putera, Kencana, PT Dua Harimau Sumatera, dan PT Uni Tutie.

Pihak penyelenggara, dalam hal ini HKTDC, berkeyakinan bahwa pameran berlangsung sukses mengingat bahwa pameran ini merupakan salah satu pameran berskala besar yang dilaksanakan di Hong Kong sejak 2 tahun terakhir. Keikutsertaan Indonesia pada ajang tersebut didukung oleh Kementerian Perdagangan RI dan HKTDC Jakarta.


Penyelenggaraan “Hong Kong Food Expo 2021” dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19, walaupun Hong Kong tercatat sebagai kawasan dengan penyebaran covid-19 yang sangat rendah namun expo digelar dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh peserta pameran diwajibkan untuk mengirimkan sertifikat vaksin/swab test dan seluruh pengunjung wajib menggunakan masker serta dilarang untuk makan dan minum di area expo.

Sumber: kemlu.go.id

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like