Pengurus DPW Apkasindo Sumbar Resmi Dilantik, Semakin Optimis Sejahterakan Petani

PADANG, SAWIT INDONESIA – Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Apkasindo Provinsi Sumbar sebanyak 42 orang resmi dilantik di Ballroom Hotel Kriyad Bumi Minang, Kamis (29 Agustus 2019). Pelantikan semakin memperkuat peranan Apkasindo di Sumatera Barat untuk memajukan dan mensejahterakan petani sawit.

“Pelantikan ini amanah dari musyawarah wilayah (Muswil) DPP Apkasindo dengan mengacu kepada Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Kami ingin memperkuat petani sesuai jargonnya ‘Apkasindo Kuat, Petani Sejahtera’ melalui pelantikan pengurus baru ini,” kata Ketua Panitia Pelantikan, Darman.

DPW Apkasindo Sumbar diperkuat enam Dewan Pimpinan Daerah (DPD) antara lain DPD Kabupaten Agam, DPD Pasaman Barat, DPD Pesisir Selatan, DPD Dharmasraya, DPD Solok Selatan, dan DPD Sijunjung.

“Apkasindo merupakan organisasi kemasyarakatan profesi petani kelapa sawit yang terdaftar di Kemendagri. Saat ini Apkasindo telah tersebar di 22 provinsi dan 116 Kabupaten penghasil kelapa sawit di Indonesia, mulai dari Aceh hingga ke Papua,” kata Ketua DPW Apkasindo Sumbar, Jufri Nur.

Pelantikan pengurus DPW Apkasindo Sumbar dihadiri Gulat Manurung, Ketua Umum DPP Apkasindo, Rino Afrino, Sekjen DPP Apkasindo, dan Gubernur Sumbar, H. Irwan Prayitno.

“Dalam kesempatan ini, kami (Apkasindo) minta gubernur menerbitkan aturan penetapan satu harga kelapa sawit dengan mitra supaya mewujudkan petani yang sejahtera,” ucap Jufri.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Apkasindo, Gulat Manurung, memberikan apresiasi tinggi atas pelantikan pengurus DPW Apkasindo Sumbar. Yang menarik adalah 12 orang pengurus Apkasindo Sumbar merupakan anggota DPRD.

“Dengan adanya pengurus yang menjadi anggota DPRD sangatlah positif untuk mempermudah berkomunikasi dengan pemerintah serta membantu teman-teman petani sawit di Sumbar,” ucap Gulat.

Menurutnya, DPW Apkasindo terbaik di Indonesia salah satunya Sumatera Barat yang merupakan organisasi cukup matang. “Apkasindo ingin unjuk gigi bahwa Apkasindo bukanlah petani sawit kaleng-kaleng. Selain itu menjadi terdepan untuk sawit indonesia,” kata Gulat.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengatakan bahwa berdirinya Apkasindo untuk mensejahterakan petani sawit. Dalam hal ini, ia berharap pemerintah dan petani dapat bekerjasama untuk menjaga jatuhnya harga sawit yang berdampak kepada perekonomian.

“Pelantikan ini diharapkan pengurus menjalankan amanah untuk melindungi petani. Selain memperjuangkan nasib petani kita,” pungkasnya.

3 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like