Penguatan UMKM Lewat KUR dan Pelatihan

Pemerintah dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah menganggarkan Rp184,83 triliun atau 26,4% untuk dukungan UMKM dari total anggaran PEN 2021 senilai Rp699,43 triliun. Anggaran tersebut meningkat dari anggaran tahun sebelumnya yang sebesar Rp173,17 triliun.

Dikutip dari situs Kemenko Perekonomian, sebagai bagian dari PEN, Kredit Usaha Rakyat (KUR) juga diberikan dengan suku bunga murah berupa subsidi bunga KUR sebesar 3% hingga 31 Desember 2021, penundaan angsuran pokok KUR, relaksasi kebijakan KUR, serta peningkatan plafon KUR di 2021 dari Rp253 triliun menjadi Rp285 triliun.

“Pemerintah membutuhkan kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk dari masyarakat dan pelaku UMKM, untuk memastikan seluruh kebijakan dapat terlaksana sehingga aktivitas usaha UMKM semakin menguat dan berpeluang untuk mengungkit pertumbuhan,” jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di acara “Penguatan UMKM Ciptakan Stabilitas Ekonomi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta” di Rumah Kreatif BUMN Yogyakarta, (19/06) bekerjasama dengan BRI.

Ia juga menyaksikan penyerahan KUR secara simbolis kepada pengusaha UMKM binaan BRI, kemudian mengunjungi coaching-clinic terkait ekspor, pelatihan terkait perizinan, sertifikasi halal dan digital marketing, serta pameran produk-produk yang dihasilkan UMKM tersebut.

Sumber: kemenkeu.go.id

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like