Pemprov Sumsel Ikuti Rapat Persiapan Launching ASAP Digital

Palembang, sumselprov.go.id – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru diwakili Kadis Kominfo Prov. Sumsel H. Achmad Rizwan, SSTP, MM mengikuti Rapat Persiapan Launching Sistem Analisa Pengendalian Karhutla Digital (ASAP Digital) yang dipimpin oleh Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan SIak., SH., M.H. di Ruang Rapat Kapolda Sumsel, Jum’at (10/09/21) 

Dalam kegiatan tersebut, dibahas berbagai persiapan launching ASAP Digital dalam berbagai sektor. Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan SIak., SH., M.H., katakan bahwa launching rencananya akan dilaksanakan pada 15 September mendatang. Dimana akan dilaunching secara langsung oleh Kapolri disaksikan oleh berbagai kementerian terkait antara lain Kementerian Kehutanan, Kemendagri, BUMN, Kementerian Pertanian BNPB dan lainnya. 

Didukung peralatan canggih yang terkoneksi dengan sistem  jaringan yang dibackup PT Telkom, ASAP Digital mampu melakukan pemantauan kondisi terkini di sejumlah kawasan rawan terbakar selama 24 jam. Aplikasi ini terintegrasi dengan Sistem Operasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Terpadu (SONGKET) Sumatera Selatan yang telah dilaunching oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru beberapa waktu lalu. 

ASAP Digital  memuat berbagai macam informasi terkini (realtime), seperti data visual (CCTV), kondisi udara, hotspot serta data prakiraan cuaca yang dapat dimanfaatkan untuk pencegahan karhutla. 

Keunggulan dari aplikasi ASAP Digital antara lain, bisa memantau adanya ASAP yang bersumber dari api. Berkat kecepatan informasi yang diterima petugas di Command Center, tim satgas karhutla bisa secara dini dikerahkan ke lokasi melakukan pengendalian dan pemadaman. 

Turut hadir, Karo Ops Polda Sumsel, Kombes Pol, Drs Kamarudin M.Si, Kepala BPBD Sumsel, Iriansyah, Kapolres Banyuasin AKBP Imam Tarmudi, S.IK., MH. 

Sumber: sumselprov.go.id

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like