Partisipasi PT Rutan di Dalam Program Peningkatan Hasil Perkebunan

Perkembangan industri alat dan mesin mekanisasi untuk sektor perkebunan beberapa tahun belakangan ini semakin menjanjikan. Sejalan dengan program Kementrian Pertanian yang menargetkan menjadi perkebunan nomer satu dunia pada 2024. Hal ini menjadi  target PT Rutan untuk berpartisipasi dan berkontribusi di dalam kemajuan perkebunan di Indonesia.

Mengelola perkebunan kelapa sawit memang harus dilakukan dengan praktik budidaya terbaik. Pemahaman menyeluruh mengenai aspek yang akan dikerjakan akan berdampak terhadap hasil yang didapatkan. Sehingga sangat diperlukan alat dan mesin yang mampu memenuhi ekspektasi semua pihak di dalam dunia persawitan di Indonesia.

Sebagai salah satu distributor terbesar di Indonesia untuk alat dan mesin bidang pertanian dan perkebunan, PT RUTAN menyadari sekali bahwa potensi peluang bisnis di perkebunan sawit  begitu menarik, dan menjadi tantangan tersendiri bagi PT RUTAN untuk menyediakan produk-produk yang dapat menjadi pilihan utama untuk petani perkebunan khususnya kelapa sawit.

Salah satu produk unggulan PT RUTAN untuk kelas traktor roda empat adalah traktor merk ISEKI series yang merupakan produk asli Jepang. Sebagai satu-satunya pabrik traktor yang sudah memiliki pabrik di Indonesia, PT ISEKI Indonesia berdiri di kawasan Industri Pasuruan, Jawa Timur. Memiliki  varian tipe mulai dari NT540F, NT548F, dan NT554F, serta memiliki tipe terbaru yaitu ISEKI T97R yang memiliki power 97 HP. Traktor ISEKI T97R memiliki fitur operasional yang canggih dan menggunakan engine merk PERKINS yang memiliki teknologi mesin diesel 4-silinder dengan sistem injeksi langsung. Tuas transmisi tersinkronisasi dengan sempurna yang menyediakan 12 kecepatan maju dan 12 kecepatan mundur.

Mengambil peran dalam hal penyediaan alat dan mesin untuk perkebunan kelapa sawit dengan selalu memperhatikan perkembangan teknologi terbaru yang mampu untuk meningkatkan produktivitas petani, PT RUTAN melihat bahwa kebutuhan akan alat dan mesin untuk  tahapan pengolahan lahan, penggalian perawatan, dan pemanenan merupakan syarat mutlak untuk mencapai program yang telah dicanangkan oleh Indonesia melalu Kementrian Pertanian.

Perencanaan urutan proses yang baik dan ketepatan di dalam pemilihan alat dan mesin yang diperlukan akan memberi dampak terhadap efisiensi waktu kerja dan optimalisasi biaya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa mekanisasi menjadi jawaban yang tepat untuk mengelola perkebunan kelapa sawit supaya efektif dan efisien.

Produk ISEKI yang berasal dari Jepang menjadi salah satu jaminan akan keandalan bagi siapapun yang mimilikinya, hal ini diyakini langsung oleh para petani/end user khususnya di daerah Sumatera, Jawa dan Kalimantan yang merupakan pasar terbesar. Alasan kemudahan di dalam operasional dan perawatan menjadikan pekerjaan petani semakin ringan dan cepat dan mampu menghasilkan kinerja secara maksimal.

Kerjasama Pemasaran Dengan Produsen Implement Traktor Dari Eropa

Implement traktor menjadi bagian yang tidak terpisahkan di dalam pekerjaan. PT RUTAN juga menggandeng implement traktor yang merupakan produk keluaran Eropa dan Thailand untuk menjawab kebutuhan petani perkebunan kelapa sawit. PT RUTAN dan manufacturing rekanannya bekerja sama di dalam menyediakan berbagai varian produk mulai dari discplough, harrow, cultivator, hoesing machines, seed drills, sprayer dan peralatan lainnya.

Agus Triyono selaku General Manager Marketing Divisi Pre Harvest mengatakan  beberapa pekerjaan di perkebunan kelapa sawit seperti pemupukan, pemanenan dan penggalian untuk irigasi dan land aplication, sering kali masih dilakukan secara manual. Padahal, proses pengerjaan manual cenderung membutuhkan waktu lebih panjang dan kualitas hasil yang terkadang kurang memuaskan.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 96)

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like