OWL Plantation Solusi Tepat di Masa Pandemi

OWL Plantation tetap optimal memberikan pelayanan di saat pandemi Covid-19.  Ada beragam keunggulan yang dan beragam inovasi terbaru untuk mendukung kinerja industri sawit.

Sudah hampir 1,5 tahun pelaku usaha terpukul dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda masyarakat di dunia, takt erkecuali  di Indonesia. Berbagai upaya dilakukan pelaku usaha atau bisnis agar tetap bisa beroperasi.

Meski masa pandemi Covid-19 melemahkan pergerakan bisnis, namun tidak demikian dengan pelaku bisnis di sektor yang menciptakan dan mengembangkan software untuk mendukung penggunaan teknologi informasi (digitalisasi) di sektor perkebunan. “Operasional perusahaan tetap berjalan baik project mau pun layanan purna jual,” ujar Surya Apriyanto, Senior Project Manager, PT OWL Plantation System.

Dikatakan Surya, operasional selama 1,5 tahun terakhir tetap berjalan dengan baik, walau pun berbeda dengan tahun-tahun sebelum pandemi (Covid-19) yang masih bisa berinteraksi langsung dengan client. “Di masa pandemi, kami mengubah metode interaksi melalui Video Conference ada pun untuk tatap muka dilakukan jika memang benar-benar diperlukan dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran dari pemerintah. Sedangkan untuk layanan Purna Jual biasanya menggunakan Portal Ticket dan Video Conference jika dibutuhkan untuk membahas lebih detail,” ucapnya.

Diakui atau tidak, pandemi Covid-19 memaksa untuk membuat jarak. Hal ini dilakukan agar penyebaran virus Corona tidak menyebar dan bermutasi cepat. Selain itu penerapan protokol kesehatan yang menjadi anjuran dari pemerintah juga harus dilakukan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Selanjutnya, Surya menyampaikan pandangan dampak pandemi Covid-19 terhadap kegiatan dan bisnis perusahaan-perusahaan yang menjadi client. Kondisi pandemi mengakibatkan adanya gap (jarak dan waktu antar personel) mulai dari unit, departemen dan divisi di dalam perusahaan perkebunan.

“Untuk itu, harus bisa bersinergi, harmoni dalam menjalankan kegiatan dan bisnis menggunakan sistem yang sudah terintegrasi. Sehingga tidak menjadi rintangan di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini untuk control/supervisi di area perkebunan dengan jangkauan jarak dan waktu yang berbeda,” lanjutnya.

“Untuk kemudahan operasional perusahaan, kami menyarankan menggunakan teknologi informasi berbasis internet yaitu online dalam plat form WEB Base dan Mobile Apps. Sehingga lebih fleksibel bagi customer dalam menjalankan bisnisnya termasuk dengan metode Work From Home (WFH) seperti saat ini,” imbuh Surya.

Senada dengan apa yang disampaikan Surya. Asep Abdul Aziz, Senior Manager Support and Research, PT OWL Plantation System juga mengutarakan bahwa masa pandemi Covid-19 relatif tidak mengganggu operasional perusahaan baik kegiatan mau pun bisnis yang dijalankan.

“Interaksi secara langsung dengan client memang dibatasi, sehingga untuk keperluan komunikasi dan meeting menggunakan aplikasi seperti Zoom Meeting dan lainnya. Pada dasarnya operasional tetap berjalan, baik project mau pun layanan purna jual” kata Asep.

Upaya pelayanan pada client dan calon client tetap berjalan dengan mematuhi aturan dari pemerintah yakni membatasi mobilitas dan interaksi secara langsung. Salah satu cara untuk memberikan kemudahan kepada klien adalah dengan membuat video tutorial sebagai alat training penggunaan aplikasi.

“Saat melakukan kunjungan, kami tetap harus mempertimbangkan kesehatan tim juga kesehatan client, beberapa waktu lalu kami memang harus mengunjungi client di Kalimantana Barat dan itu kami laksanakan dengan protokol Kesehatan yang ketat. Di tahun ini mobilitas sangat dibatasi dan hanya dilakukan ke Kalimantan Barat karena pendampingan implementasi project baru. Sementara untuk project lain di Kalimantan Timur, kami tidak mengirimkan tim untuk pendampingan sebagai antisipasi terhadap resiko penularan Covid-19 yang cukup tinggi.” tambah Asep.

(Selengkapnya dapat dibaca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 118)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like