KBRN,Ambon:  Ombudsman meminta pemerintah segera melakukan operasi pasar  karena terbukti banyak bahan pokok yang dijual pedagang  masih di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Operasi Pasar melibatkan Satgas Pangan sangat penting  dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat jelang Ramadhan hingga Lebaran.

Kepala Bidang Pencegahan Maladministrasi Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku, Semuel Hatulely akui sebagai lembaga pengawasan pelayanan publik, ombudsman berkepentingan untuk melihat efektivitas dari upaya stabilitas harga yang dilakukan pemerintah.

” Salah satunya terdapat komoditas yang memiliki kecenderungan harga naik seperti komoditas minyak kelapa, gula, minyak goreng, telur, cabai, daging sapi dan daging ayam broiler.Harga komoditas ini  sudah berada diatas HET,”jelas Semuel,”Kamis (17/4/2022)

Dikatakan, Ombudsman pusat dan 34 kantor kantor perwakilannya di daerah  secara serentak melakukan inspeksi terhadap 10 komoditas bahan pokok. Langkah ini dilakukan agar ada data lapangan sesuai laporan yang diterima dari masyarakat.

Selain melakukan operasi pasar, Ombudsman Maluku juga menyarankan Pemerintah  Provinsi, Kabupaten dan Kota segera berkoordinasi dengan distributor di luar Pulau Ambon untuk  kelancaran rantai pasok. Dengan demikian, pemerintah bisa memastikan ketersediaan bahan pokok tercukupi.

“Hal itu juga bisa membantu pemerintah menjaga kestabilan harga untuk beberapa komoditi yang memiliki kecenderungan naik,”tutupnya.

Sumber: ombusman.go.id

Share.