Kegiatan OKKABUN 2022 lebih menitik beratkan untuk mempersiapkan mahasiswa baru dalam mengenal perkembangan teknologi dan menyikapi tantangan industri 4.0. Serta memiliki karakter yang kuat, disiplin, dan kreatif.

Untuk mengenalkan mahasiswa baru pada bidang yang akan ditapaki selama masa pembelajaran, pihak kampus mengadakan masa orientasi. Tujuannya agar mahasiswa baru bisa lebih mengenal lingkungan kampus dan mendapatkan gambaran bidang yang dipelajari.

Namun, berbeda dengan INSTIPER Yogyakarta, dalam mengenalkan mahasiswa baru pada bidang yang akan dipelajari dengan rangkaian kegiatan yang disebut OKKABUN (Orientasi Kampus dan Kenal Kebun). Kegiatan yang diwajibkan bagi mahasiswa baru ini, dilaksanakan selama dua pekan di kampus dan laboratorium perkebunan/Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) yang berlokasi di Bawen, Jawa Tengah.

Secara detail, di tahun ini kegiatan OKKABUN dilaksanakan di kampus pada 15 – 22 Agustus 2022, dan di KP2 pada 23 – 26 Agustus 2022, diikuti oleh 865 mahasiswa baru.Terdiri dari 520 mahasiswa Fakultas Pertanian, 214 mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, 131 mahasiswa Fakultas Kehutanan. Dari total 865 mahasiswa, sebanyak 143 mahasiswa atau 16,6% merupakan mahasiswa baru penerima beasiswa dari PT. RAPP, PT. Toba Pulp Lestari, PT. Aditya Agrindo, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Kegiatan OKKABUN 2022 lebih menitik beratkan mempersiapkan mahasiswa baru dalam mengenal perkembangan teknologi dan menyikapi tantangan industri 4.0. dan memiliki karakter yang kuat, disiplin, dan kreatif.

Ketua Panitia OKKABUN sekaligus Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan INSTIPER Yogyakarta, Ir. Tri Nugraha, MP, menjelaskan orientasi mahasiswa baru di INSTIPER memang berbeda dengan orientasi di kampus-kampus lain. Selain di didik kedisiplinan dan tanggung jawab, mahasiswa baru juga dikenalkan dunia perkebunan.

“Kegiatan OKKABUN bersifat wajib, sehingga mahasiswa yang tidak lolos harus mengulang OKKABUN ditahun depan. Walaupun dua tahun sebelumnya OKKABUN ditiadakan dan digantikan dengan pelatihan kedisiplinan di Paskhas TNI Angkatan Udara dikarenakan Pandemi COVID yang melanda dunia, pada tahun ini OKKABUN sudah bisa dilaksanakan lagi,” jelasnya, yang dikutip dari keterangan tertulis.

Selanjutnya, ia menambahkan sebagian kegiatan OKKABUN yang dilaksanakan pada Selasa – Jum’at (23 – 26 Agustus 2022) di KP2 yang memiliki koleksi berbagai tanaman komoditas perkebunan dan kehutanan. Sangat cocok untuk lokasi mahasiswa untuk mengenal dan mempelajari berbagai komoditas perkebunan.

“Mereka bisa melihat secara langsung obyek yang dipelajari dan bisa mendiskusikannya dengan fasilitator yang ada. Kegiatan ini juga mengajarkan mahasiswa untuk berfikir kritis dan belajar secara mandiri. Kami memasang beberapa hotspot di dalam kebun, sehingga mahasiswa dapat mengeksplor pengetahuan dari internet dan selanjutnya dipresentasikan,” tambah Ir. Tri Nugraha, MP.

Rangkaian kegiatan OKKABUN 2022

Sebagai informasi, kegiatan OKKABUN diawali dengan tes Kesehatan di GRHA INSTIPER pada 15 Agustus 2022 oleh dokter dari Rumah Sakit Condong Catur yang kerjasama dengan UKM KSR PMI INSTIPER, dan di tanggal 16 Agustus dilanjutkan dengan upacara pembukaan OKKABUN.

Dan, pada 17 Agustus 2022, mahasiswa baru mengikuti upacara bendera untuk memperingati hari Kemerdekaan RI ke-77. Di hari berikutnya, pada 18 Agustus diadakan pembukaan kuliah dengan berbagai ceramah yakni ceramah kebangsaan bela negara serta anti korupsi serta kuliah umum.

Pada kesempatan itu, pembukaan kuliah secara resmi dibuka oleh Dr. Maria Ulfah mewakili Rektor INSTIPER. Sedangkan Kuliah Umum disampaikan Direktur Jenderal Perkebunan, Andi Nur Alamsyah, STP., MT dengan tema ‘Pembangunan Perkebunan untuk Kesejahteraan Bangsa’. Selain itu, mendapat Kuliah Umum dengan tema ‘Kesiapan SDM di Era Industri 4.0 dan Aplikasinya di Perkebunan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Teknologi Mekanisasi’ yang disampaikan Komisaris di Anak Perusahaan Astra Agro Lestari, Joko Supriyono.

Selanjutnya, pada 19 – 20 Agustus 2022 mahasiswa baru mendapatkan pelatihan kedisiplinan oleh Pasukan Khas TNI Angkatan Udara. Dan, dilanjutkan pengenalan budaya akademik di lingkungan pendidikan tinggi, pengenalan Fakultas dan Program Studi, serta pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Kelembagaan yang dapat diikuti oleh mahasiswa.

Kemudian, pada 23 – 26 Agustus 2022 dilanjutkan kegiatan OKKABUN di KP2, Bawen – Jawa Tengah yang menjadi “kawah Candradimuka” bagi mahasiswa baru. Momen ini merupakan momen-momen yang tidak akan pernah dilupakan oleh mahasiswa INSTIPER Yogyakarta.

(Selengkapnya dapat dibaca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 131)

Share.