PT Mutuagung Lestari dengan brand MUTU International, meresmikan cabang laboratorium lingkungan ke-5 di kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (30/06). Acara dihadiri oleh Bupati Kubu Raya, Bapak H. Muda Mahendrawan, S.H, M.Kn.

Saatini, PT Mutuagung Lestari memiliki lima cabang laboratorium lingkungan yang berada di Samarinda, Pekanbaru, Pangkalan Bun, Medan dan Pontianak. Selain itu PT Mutuagung Lestari juga akan memperluas laboratorium lingkungan di beberapa daerah lainnya seperti Batam, Makassar, Banjarbaru dan Aceh.

Keberadaan laboratorium lingkungan menjadi gambaran kedepan bahwa prospek pemantauan kualitas lingkungan menjadi suatu mandatori dari pemerintah yang menjadi tanggungjawab bersama dalam suatu pelaksanaan pemantauan, pengendalian dan pencemaran kualitas lingkungan, di mana semua bidang jasa baik pengguna maupun penyedia jasa dalam pemeliharaan lingkungan.

Bapak Ir. Arifin Lambaga, M.S.E. Presiden Direktur PT Mutuagung Lestari mengatakan, “Pembukaan laboratorium lingkungan PT Mutuagung Lestari di Pontianak karena prospek pasar di daerah Pontianak ini cukup besar, mulai dari penyedia jasa perkebunan dan industri manufaktur. Selain itu kewajiban dari masing-masing pengguna jasa tersebut untuk melakukan dokumen lingkungan hidup baik ke Kabupaten Kota maupun Propinsi, atau yang lebih jauh adalah penilaian proper bagaimana tiap industri wajib memiliki penilaian secara gambaran lingkungan yang utuh.”

Laboratorium lingkungan PT Mutuagung Lestari sebagai penyedia jasa layanan kualitas lingkungan mengedepankan aspek yang bertujuan untuk memenuhi kepuasan pelanggan, meliputi prasarana mulai dari SDM sendiri, ketersedian dari kondisi akomodasi yang ada.
Beroperasi sejak tahun 1990 di bidang pengujian, inspeksi dan sertifikasi, laboratorium lingkungan PT Mutuagung Lestari sudah terdaftar di Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan teregistrasi di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Didukung oleh fasilitas laboratorium yang terbagi dalam dua bidang layanan: Laboratorium Uji dan Laboratorium Kalibrasi. Sejak tahun 1997, Laboratorium PT Mutuagung Lestari telah mendapatkan akreditasi ISO/IEC 17025 dari Komite Akreditasi Nasional dengan nomor LP-001-IDN.

(Selengkapnya dapat dibaca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 129)

 

Share.