Minyak Sawit Kaya Vitamin A

Minyak sawit merupakan bahan pangan sumber energi dan asam lemak. Selain sumber energi, minyak sawit juga mengandung vitamin A yang relatif tinggi dibandingkan dengan bahan pangan lainnya. Minyak sawit kaya dengan beta karoten, suatu anti oksidan dan prekusor vitamin A (Krinsky, 1993). Kandungan vitamin A minyak sawit merah lebih tinggi dari dari kandungan vitamin A dari bahan-bahan makanan uang diangap sebagai sumber vitamin A seperti jeruk, wortel, pisang dan lain-lain.

Perbandingan Kandungan Vitamin A (Setara Retinol) Minyak Sawit Dibanding Bahan Lainnya.

Bahan Pangan µg Setara Retinol/100g (edible)
Jeruk 21
Pisang 50
Tomat 130
Woltel 400
Minyak Sawit Merah (refined) 5.000
Minyak Sawit Kasar (CPO) 6.700

Sumber : Hariyadi (2010)

Baca Juga :   2 Fasilitas Produksi Clariant Bersertifikat RSPO Mass Balance

Manfaat vitamin A dari minyak sawit bagi kesehatan manusia telah banyak dibuktikan melalui penelitian kesehatan/kedokteran. Diantaranya mencegah defisiensi vitamin A, pencegahan dan penanggulangan kebutaan, memperbaiki kekebalan tubuh. Bahkan juga bermanfaat bagi pencegahaan pernyakit kangker/tumor, anti radiasi bebas, menghambat pembengkakan hati, peningkatan imunitas tubuh, penurunan kolestrol, fungsionalitas mental, pencegahan pernyakit jantung koroner dan pembuluh darah dan lain-lain.

Minyak sawit yng memiliki vitamin A juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai pernyakit akibat defisiensi vitamin A seperti kebutaan, xeroftalmia dan hemerolopi. Hasil penelitian Departemen Kesehatan RI tahun 1963-1965 mengungkapkan bahwa pengunaan red paml oil (RPO) dapat meningkatkan status vitamin A yakni dilihat dari kenaikan vitamin A dalam serum anak-anak (Oey, KL et.al., 1967). Kemudian hasil penelitian Puslitbang Gizi Bogor (Muhilal dkk, 1991) yang mengunakan minyak kelapa sawit dapat menyembuhkan penderita xeroftalmia yang berupa hemerolopi (buta senja).

Baca Juga :   Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian XLII)

Berdasarkan uraian diatas sangat jelas bahwa minyak sawit bukan hanya sekedar sumber energi dan vitamin  A saja tetapi juga sebagai”obat” berbagai pernyakit.

Sumber : Mitos vs Fakta, PASPI 2017

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like