Mini Excavator Yanmar Lincah di Kebun Sawit

Mini Excavator Yanmar dapat menjadi pilihan pelaku industri perkebunan sawit. Mendukung pekerjaan berat dengan beragam keunggulannya.

Untuk mengefektifkan dan mengefisienkan pengerjaan pengerukan parit, pasar pikul (akses jalan) di perkebunan kelapa  sawit, kini pelaku usaha perkebunan perlu menggunakan alat berat, seperti Excavator.

Kondisi tanah di lahan kebun yang tidak stabil memerlukan alat berat yang kapasitasnya tidak terlalu besar. Karenanya, diperlukan alat berat yang kecil tetapi lincah dalam pengoperasiannya. Hal ini juga sejalan dengan mekanisasi yang tengah dijalankan di sektor perkebunan sawit untuk memaksimalkan pengelolaan lahan dan meningkatkan produktivitas.

Peluang ini yang kemudian ditangkap oleh salah satu perusahaan alat berat yaitu PT. Metron Intercon anak perusahaan dari PT. Probesco Disatama. Perusahaan ini, sudah sejak 2016 secara resmi menjadi pemegang agen Mini Excavator Yanmar yang dipasarkan kesektor perkebunan, tak terkecuali perkebunan kelapa sawit yang saat ini menjadi komoditas unggulan nasional.

National Product Manager, PT Metron Intercon, Hika Septiana mengatakan “Dengan latar belakang Probesco – Metron yang kuat di sektor perkebunan sawit, bukan hal sulit untuk lebih memperkenalkan Excavator (Yanmar) kecustomer yang sudah existing,” ujar Hika, saat dihubungi tim Majalah Sawit Indonesia, melalui sambungan telepon.

Baca Juga :   Mandatori Minyak Goreng Kemasan Ditunda Tahun Depan

Saat ini, PT Metron Intercon memasarkan Mini Excavator Yanmar kapasitas 3,5 ton hingga 5,5 ton (ViO35-6B, ViO50-6B, ViO55-6B) Canopy dan Cabin Completely Built Up (CBU). Dan, dilengkapi dengan kapasitas Bucket 0,14 m3 sampai dengan 0,18m3. Kapasitas bucket tersebut masih bisa di-up grade sesuai dengan kapasitas aplikasi. Sementara jangkauan arm-nya mencapai 6 meter.

Produk ini, sudah terbukti memiliki engine yang tangguh karena menggunakan engine Yanmar yang dilengkapi dengan Smart Assist Remote atau Global Positioning System (GPS). Fitur Smart Assist memiliki tiga fungsi utama: meminimalisir down time, menekan kemungkinan delay serta membuat mesin lebih efisien.

Selanjutnya, Hika menjelaskan keunggulan produk alat berat (Yanmar) dibandingkan Mini Excavator lainnya yaitu Yanmar mengembangkan mesin dan excavator. “Engine dan sistem hidrolik di rakit disatu pabrikan, sehingga menghasilkan excavator yang sangat powerful, efisien dan hemat bahan bakar.  Dan untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar Mini Excavator Yanmar dilengkapi dengan fitur “Eco Mode” dan “Auto Decelaration”. Dari sisi penggunaan bahan bakar Mini Excavator Yanmar paling irit di kelasnya, kurang lebih 4 liter/jam,” jelas Hika.

Baca Juga :   Tingkatkan Konsumsi Biodiesel, Aprobi Dukung Pelaksanaan Permen ESDM No.26/2016

Selain lincah dan irit dalam konsumsi bahan bakar, Mini Excavator Yanmar di kelasnya sebagai pioneer zero tail swing. “Desain body Yanmar yang compact dan tidak melebihi lebar track link, memudahkan operator dalam mengoperasikan di gawangan sawit atau di konstruksi yang lokasi kerjanya terbatas. Tidak hanyaitu, Mini Excavator Yanmar juga mengutamakan kenyamanan untuk operator, memudahkan akses untuk perawatan harian sehingga produktifitas kerja lebih maksimal,” tambah Hika.

Mini Excavator Yanmar bukan brand baru di Indonesia. Produk ini sudah dikenal luas di kalangan pelaku usaha kebun hingga kontraktor karena komponen-komponen utamanya seperti engine dan body semua diproduksi Yanmar untuk menjamin mutu dan memudahkan service (easy maintenance).

Selain dilengkapi dengan perangkat GPS untuk monitoring dan mendeteksi masalah. Perangkat yang disematkan dengan teknologi ini, bisa langsung memberikan informasi kepada pemilik alat dan distributor sehingga problem teratasi sebelum unit mengalami down time. Dan, perangkat GPS juga berguna untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan seperti kehilangan unit. perangkat ini bisa diatur dan dikoneksikan dengan Hand Phone (HP), iPad atau perangkat mobile.

Mini Excavator Yanmar juga sudah dilengkapi dengan cylinder guard yang mampu memberikan keamanan untuk silinder boom baik untuk di bawah, di atas maupun di depan. Silinder ini sangat aman apa bila terjadi benturan pada saat unit sedang beroperasi.

Baca Juga :   Membawa Sawit ke Perundingan Eropa

Selain unik dari desainnya, Mini Excavator Yanmar memiliki posisi lampu mesin, berbeda dengan Excavator pada umumnya yang dipasang pada bagian sebelah kanan, sementara Yanmar menempatkan lampu di bagian tengah sehingga pencahayaan lebih fokus ketika beroperasi pada malamhari. Visibilitas operator ke area kerja dan kesekeliling alat lebih bagus.

(Selengkapnya dapat dibaca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 102)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like