Mini Excavator SK50P, Si Gesit di Kebun Sawit

PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia menjadikan perkebunan sawit sebagai pasar potensial untuk produknya. Unitnya dapat memenuhi kebutuhan perkebunan mulai dari land clearing, pembuatan irigasi, perawatan jalan, hingga transportasi buah sawit.

 

PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia menawarkan Mini Excavators SK50P yang diperuntukkan untuk perkebunan sawit. Unit ini dapat digunakan untuk pembuatan parit, pasar pikul, lubang tanam, dan lubang pupuk.

“Mini Excavators SK50P termasuk tipe baru yang diaplikasikan di sektor perkebunan sawit,“ ujar Yushi Sandidarma, West Territory Director PT. Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia, Saat ditemui di acara pameran alat berat, September 2019, di Jakarta.

Yushi menjelaskan bahwa Mini Excavators SK50P semenjak awalnya didesain untuk kelapa sawit. Tetapi, seiring berjalannya waktu unit ini dapat dipakai juga untuk sektor lain seperti konstruksi dan Hutan Tanaman Industri (HTI).

Mini Excavators SK50P didesain dengan ukuran tidak terlalu besar sehingga mempermudah pekerjaan di perkebunan, urban construction dan perhutanan. Selain itu, Mini Excavators SK50P juga mempunyai beragam keunggulan seperti desain produk yang sudah disesuaikan dengan negara tropis. Dari power (kekuatan), engine lebih besar karena menggunakan engine Yanmar yang sudah teruji ketangguhannya.

Mini Excavators SK50P dapat beroperasi dengan baik, Kombinasi jangkauan yang luas dan body yang ringkas untuk memastikan bekerja dengan maksimal di perkebunan sawit. Di antaranya untuk penggalian tanah karena memiliki mesin berdaya tinggi memudahkan operator dan memastikan waktu siklus penggalian yang pendek. Selain itu, unit ini dapat meningkatkan efektifitas penggalian tanah dan lebih banyak pekerjaan yang dapat terselesaikan setiap harinya. Unit ini dirancang untuk mempermudah pengangkutan dengan ketinggian 2.530 mm.

Walaupun, desain Mini Excavators SK50P ramping tetapi memiliki jangkauan panjang (maksimal 5,980 mm) untuk memenuhi kebutuhan kerja penggalian lubang lumpur yang efisien. Dan, sangat memungkinkan beroperasi di ujung jalan karena memiliki Tail Overhang yang kecil. Tail Overhang (190 mm) membantu pekerjaan efisien di lokasi yang sempit.

Keunggulan Mini Excavators SK50P dapat mendatangkan keuntungan bagi pelaku usaha sawit saat memakai alat berat tersebut. “Dari sisi harga cukup kompetitif, produktivitas lebih tinggi dan tenaga lebih besar dibandingkan kelas yang sama dari merek lain. Unit ini juga tidak rewel karena di negara asalnya (Jepang) dapat digunakan untuk Urban Construction. Durasi kerja sekitar dua sampai tiga jam sehingga anti overheating sangat penting,” kata Yushi.

Keunggulan lain dari Mini Excavators SK50P yaitu konsumsi bahan bakar yang irit, lebih irit dibandingkan dengan model sebelumnya. Perbedaan unit ini dengan kelas yang sama dari merk lain yaitu power lebih besar.

PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia menawarkan tipe lain di antaranya SK75 (kelas 7 ton) dan SK35 (kelas 3 ton). “Sebenarnya produk tersebut untuk urban construction, dengan unit kecil bisa masuk ke area yang lebih sempit. Namun, jika bisa digunakan di kebun tidak masalah. Tidak hanya perkebunan sawit, dapat pula dipakai di lahan pertanian,” ujar Yushi.

Tidak hanya keunggulan produk yang ditawarkan pada konsumen, tetapi layanan purna jual juga disuguhkan. “Saat ini, kami terus meningkatkan layanan purna jual, karena ini yang paling penting. Dengan adanya 20 cabang tersebar di Indonesia menjadi bagian dari layanan purna jual sebagai upaya peningkatan product support. Tujuannya untuk lebih mendekatkan pada konsumen seperti kemudahan mendapat sparepart dan penanganan mekanis juga lebih cepat,” tegas Yushi.

PT Daya Kobelco Construction Manchiney Indonesia tidak terlalu khawatir karena kedekatan emosional dengan konsumen cukup kuat melalui kualitas produk dan layanan purna jual.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 98)

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like