Minamas Plantation Luncurkan Benih Unggul iCalix

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Minamas Plantation melalui pusat penelitiannya Minamas Research Centre (MRC) berencana memasarkan benih sawit ke pasar industri sawit Indonesia. Benih unggul bermerek iCalix ini akan dijual mulai Mei 2020 yang bertujuan mendukung peningkatan produktivitas dan daya saing produk sawit nasional.

“Saya mewakili Minamas Plantation mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kepercayaan pemerintah, dalam hal ini, Kementerian Pertanian beserta seluruh jajarannya sehingga menjadi salah satu pelaku bisnis benih kelapa sawit unggul di Indonesia”, ungkap Shamsuddin Muhammad, Direktur Utama Minamas Plantation.

Minamas Plantations telah memulai riset dan pengembangan benih unggul iCalix sejak tahun 2010 melalui pusat penelitian MRC yang berlokasi di Riau. Pada bulan Februari lalu, Minamas Plantation telah resmi menerima Surat Persetujuan Penerbitan Benih Kelapa Sawit (SP2BKS) dari Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian Indonesia.

Kapasitas produksi kecambah iCalix mampu mencapai 2 juta butir kecambah per tahun dan penggunaannya lebih ditujukan untuk memenuhi kebutuhan internal dahulu sebelum dipasarkan secara komersial ke pelanggan eksternal, termasuk kebun plasma.

Untuk mendapatkan iCalix, saat ini pembelian hanya dapat dilakukan di kantor MRC – Riau dengan harga kisaran Rp. 10.000,-/butir. PT Aneka Sawit Lestari, anak usaha Minamas Plantation, yang akan memasarkan dan mendistribusikan benih iCalix kepada pembeli baik kalangan perusahaan dan petani sawit.

Kapasitas produksi kecambah iCalix mampu mencapai 2 juta butir kecambah per tahun

“Kami berharap bahwa terobosan-terobosan yang kami upayakan saat ini sejalan dalam mendukung program peremajaan sawit dan intensifikasi lahan sawit nasional yang berkelanjutan. Ke depannya, iCalix juga akan dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan petani plasma Minamas Plantation yang memasuki masa replanting”, kata Shamsuddin.

Burhanudin Saragih, Head Breeding and Seed Production PT Aneka Sawit Lestari, menjelaskan kehadiran benih iCalix tidakk bertujuan bersaing dengan produsen benih. Melainkan dapat memberikan pilihan kepada industri sawit di Indonesia.

Melalui pelepasan perdana benih iCalix ini, Minamas Plantation akan terus berfokus pada intensifikasi perkebunan dengan meningkatkan kualitas produk di lahan yang sudah ada, menerapkan praktik agronomi terbaik, menjaga kelestarian lingkungan, serta mendukung upaya Pemerintah dalam program peremajaan kebun kelapa sawit serta peningkatan daya saing produk kelapa sawit nasional.

5 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like