Menjaga Mesin Wintor Tetap Handal

 

Sejak kali pertama diluncurkan pada 2013, Wintor mengalami pengembangan baik performa dan power engine. Unit transportasi produksi PT Astra Otoparts Tbk ini menampilkan generasi terbaru Wintor yaitu Wintor XP-R High Bin.

 

Supervisor Sales & Marketing PT Astra Otoparts Tbk, Irvan Suryawan mengatakan Wintor XP-R High Bin punya perbedaan mesin dari tipe sebelumnya. Dalam tipe terbaru, Wintor menambahkan power engine  berkekuatan 11 Horse Power (HP). Unit ini memakai Horizontal Engine. “Ini menandakan unit Wintor terbaru mempunyai torsi yang lebih besar untuk menambah performa Wintor dan meningkatkan availability dengan brand Lokal,” ujar Irvan.

 

Menurut Irvan, engine Wintor yang sudah dipasarkan sejak 2013 sebaiknya mendapatkan perawatan tepat. Perawatan tepat mencegah kerusakan mesin dan memperhatikan komponen yang diganti secara berkala.

 

“Komponen harus diperhatikan untuk mencegah kerusakan seperti Fuel Filter, Oil Filter dan Air Cleaner. Komponen tersebut harus menjadi perhatian untuk disiplin dalam membersihkan dan melakukan penggantian sesuai dengan Hourly Maintenance yang sudah tercantum pada manual book Wintor. Dan suku cadang Genuine Part Wintor,” tambah Irvan.

 

Untuk perawatan (maintenance), operator harus memahami apa saja tindakan yang dilakukan agar engine alat angkut serba guna (Wintor XP-R High Bin) tetap performance dan tidak menurun produktivitasnya. “Sehingga perlu melakukan hal-hal berikut di antaranya pengecekan sebelum dan setelah unit digunakan, perawatan rutin untuk menghindari terjadinya down time yang lebih lama, disiplin dalam penggantian oli sesuai maintenance book Wintor, menjaga kebersihan Filter udara,” jelas Irvan, saat ditemui, di acara Indonesian Palm Oil Conference (IPOC), di Bali, pada akhir Oktober lalu.

 

Alat angkut serba guna, Wintor XP-R High Bin dengan kekuatan engine besar menghasilkan performa yang baik sehingga sangat efektif untuk mengangkut TBS dan pupuk. Karena, TBS yang sudah dipanen harus segera dikirim ke pabrik supaya kualitas tetap terjaga. PT Astra Otoparts sangat memahami itu, dengan menghadirkan alat angkut serba guna, pelaku usaha sawit akan sangat terbantu.

 

 

Dengan menggunakan produk WINTOR XP-R High BIN membuat pelaku usaha sawit lebih efektif dan efisien. Unit terbaru Astra Otoparts ini bermuatan  500 kg .  Selain itu, unit generasi ketiga Wintor memiliki  desain bak yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

 

Traktor Mini WINTOR XP-R High BIN punya bobot ideal sebesar 800 kg. Bobot sebesar ini  memiliki payload 500 kg. Kendati demikian, unit ini dirancang khusus supaya tidak merusak struktur tanah kebun dan akar sawit. Umumnya, kebun menghindari penggunaan traktor karena berdampak buruk bagi jalan kebun.

 

Dengan menggunakan varian Wintor terbaru XP-R High Bin (HB), pelaku usaha Kelapa Sawit dapat meningkatkan efisiensi operasional pengangkutan Wintor.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like