Jakarta – Highlight kegiatan Talkshow Sawit GenSawit Corner Episode 1 dengan tajuk “Mengupas Isu Ketenagakerjaan di Sektor Perkebunan Kelapa Sawit” yang diselenggarakan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) pada 28 Maret 2022 di Jakarta.

Kegiatan ini memberikan informasi tentang pengelolaan tenaga kerja di sektor perkebunan kelapa sawit. Pelaksanaan kegiatan ini sekaligus memberikan perspektif objektif terkait isu tenaga kerja paksa di perkebunan kelapa sawit yang banyak menjadi headline di media pada awal tahun 2022.

Dari para narasumber yang hadir diperoleh informasi bahwa walaupun masih banyak yang perlu diperbaiki dalam pengelolaan tenaga kerja di sektor sawit, namun para perusahaan perkebunan kelapa sawit telah mematuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku di bidang ketenagakerjaan di Indonesia. Pemenuhan ketentuan ini wajib dilakukan mengingat pelaku perkebunan kelapa sawit di Indonesia harus memiliki sertifikasi keberlanjutan (ISPO, RSPO, dll) dimana salah satu prinsip dan kriteria keberlanjutannya adalah kepatuhan terhadap regulasi ketenagakerjaan yang berlaku.

Pekerja perkebunan yang hadir pula sebagai narasumber, yang merupakan petani milenial, menyampaikan bahwa penghasilan yang mereka dengan bekerja di perkebunan kelapa sawit sangat memadai untuk pemenuhan kebutuhan hidup pribadi dan keluarga mereka. Bahkan penghasilan di sektor perkebunan kelapa sawit tersebut lebih tinggi dibandingkan rata-rata penghasilan yang diperoleh oleh para pekerja di sektor lain di wilayah mereka.

Sumber: bpdp.or.id

Share.