Mengenal Wheel Loader LiuGong 835H

Wheel Loader LiuGong 835H di industri sawit banyak di pergunakan untuk kegiatan Loading dan Off Loading produksi, terutama untuk memuat buah sawit ke truck atau ke ramp produksi.

Pada umumnya, Wheel loader merupakan jenis alat berat digunakan untuk mengangkut material yang akan dimuat kedalam dump truck atau memindahkan material ketempat lain. Intinya, jenis alat berat ini akan memudahkan pengerjaan yang lebih efektif dan efisien.

Mekanisme kerja Wheel loader sama dengan alat berat lainnya yang menggunakan alat penggerak utama menggunakan sistem hidrolik. Tenaga hidrolik mempunyai daya atau tenaga yang sangat besar, sehingga sangat memungkinkan untuk mengeruk, mengangkut material atau benda yang berukuran besar.

Namun, saat ini Wheel loader juga banyak diaplikasikan di perkebunan, tak terkecuali perkebunan sawit yang dimanfaatkan perusahaan perkebunan sawit sebagai pendukung operasionalnya. Salah satunya, diaplikasikan untuk mendukung aktivitas atau operasional dalam mengangkut Tandan BuahSawit (TBS) ke ramp pabrik sawit.

Seperti diketahui, di tengah persaingan produk jenis alat berat yang ada di pasaran. Ada satu produk jenis alat berat (Wheel Loader) pabrikan Tiongkok yang sudah dikenal dan diaplikasikan di sektor perkebunan dalam mendukung operasional yaitu Wheel Loader LiuGong 835 H. Untuk lebih memahami spesifikasinya, berikut penjelasannya.

Baca Juga :   Berburu Sawit Di Kamerun: 13 Years and Many More to Come

Wheel Loader LiuGong  835H dilengkapi dengan engine Cummins 6BTAA5.9-C130, Gross Power : 97Kw (130hp) @2.200rpm, Net Power : 85Kw (130hp) @ 2.200rpm, Operating Weight : 10.300kg, Bucket Size : 1.8M³, Dump Clearance : 2,920mm, Break Force : 105 kN. “Jenis alat berat ini, menggunakan engine Cummins 6BTAA5.9-C130, dengan kekuatan Break Force 105kN, Dump Clearance 2.920mm, daya 130 HP,” jelas Christiansen, Product Manager PT LiuGong Machinery Indonesia, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Sawit Indonesia.

Berkaitan dengan penggunaan di sektor perkebunan sawit, Christiansen menegaskan Wheel Loader  835H di industri sawit banyak di pergunakan untuk kegiatan Loading dan Off Loading produksi, terutama untuk memuat buah sawit ke truck atau ke ramp produksi.

Selanjutnya, ia menjelaskan keunggulannya dibandingkan produk lain. Di antaranya dengan menggunakan transmisi tipe planetary gear sehingga gigi lebih halus dari produk lain, memastikan daya tahan lebih baik dan kecepatan pergantian gigi lebih baik

Baca Juga :   Pungutan Ekspor Perlu Dilanjutkan Asalkan Diperbaiki

Visibility operator yang luas karena model cabin sudah di design bisa melihat lebih luas. Break Force yang lebih besar. Tipping load yang lebih besar sehingga membuat stabilitas lebih bagus dan Traction Force lebih besar. One piece boom type, menghasilkan tenaga angkut-angkat yang maksimal,” lanjutnya.

“Serta ketebalan material boom yang dibuat lebih tebal sehingga tidak khawatir akan terjadi kerusakan pada saat operasi (crack, patah dll). Dan, model-bentuk dari cabin belakang yang luas dan lebar, memudahkan mekanik saat melakukan perbaikan-service, maintenance dan lain-lain,” imbuh Christiansen.

Beragam produk alat berat LiuGong sudah hadir di Indonesia sejak lebih dari 15 tahun yang lalu. Dan, industri sawit menjadi target pasar untuk memasarkan berbagai jenis alat berat asal Tiongkok yang saat ini terus mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan pasar.

Bahkan, Wheel Loader 835 H sengaja didesain dan memiliki performa mesin yang lebih baik. “Tetapi tidak mengurangi nilai efisiensi bahan bakar, seperti contohnya berat beban unit secara total lebih ringan, bentuk dan model unit yang lebih ramping dari type terdahulu, break force, tipping load, dump force dan lain-lain,” jelas Christiansen.

Baca Juga :   Dilantik Sebagai Wamenlu, Mahendra Siregar Fokus Diplomasi Sawit

Selain itu, tambah Christiansen,Wheel Loader LiuGong 835 H merupakan type unit yang efisien, mudah di operasikan, lincah serta maksimal dalam produksi sehingga sangat cocok bagi pelaku industri sawit. “Kami sudah teruji dan dapat bekerja maksimal karena telah memenuhi syarat dan kriteria standar proses ISO,” tambahnya.

Berkenaan dengan nilai tambah yang diperoleh pelaku industri sawit dengan menggunakan produk Wheel Loader LiuGong 835H. Pihak PT LiuGong Machinery Indonesia menegaskan telah menjamin bahwa unitnya handal dan unggul dari kompetitor karena telah memperbaiki dan meningkatkan performa mesin secara mekanikal. “Termasuk design dinamis yang akan meningkatkan hasil maksimal. Ketersedian after sales serta product support kami dan ketersedian spare part yang telah ada membantu di setiap Dealer-Cabang yang tersebar di seluruh Indonesia,” imbuh Christiansen.

(Selengkapnya dapat dibaca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 112)

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like