Mengenal Traktor SAME Buatan Italia

Traktor Roda 4 (empat) Merk SAME adalah salah satu Traktor produksi dari Italy, yang merupakan hasil dari Pabrik SDF (SAME DEUTZ – FAHR).  SDF Group sendiri merupakan salah satu perusahaan pabrikan traktor terbesar di Dunia.  Saat ini produk Tractor SAME sangat bervariasi mulai dari Traktor kecil sampai dengan Traktor besar (25 – 250 HP).  Traktor SAME yang masuk saat ini di Indonesia adalah yang 102 HP (tipe Crypton), 110 HP (tipe Explorer) dan 170 HP (tipe Laser).

Traktor SAME mulai dipasarkan pada tahun 2018 kepada salah satu Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit terbesar di Indonesia dengan tipe Laser 165 (170 HP).  Dimana sampai saat ini tetap operasional dan tidak mengalami kendala.  Pemakaian Traktor SAME di perkebunan kelapa sawit, ada yang  mempergunakan beberapa macam implement seperti : Ditcher (pembuat parit), Shreeder (pencacah batang dan pelepah kelapa sawit) dan juga untuk penarik Trailer.

Traktor SAME yang dipasarkan oleh PT. Satrindo Mitra Utama saat ini semua sudah di lengkapi creeper gear, dimana ini berfungsi untuk mempertahankan kecepatan Traktor dengan mempergunakan Implement yang diputar oleh PTO dengan RPM tinggi.  Selain itu dapat menghemat pemakaian BBM dikarenakan kecepatan Traktor tetap dapat stabil.

Keunggulan dari Traktor SAME yang dipasarkan oleh PT. Satrindo Mitra Utama antara lain memiliki Creeper Gear, tipe transmisi dilengkapi dengan Synchronized dan sudah dilengkapi Turbo Intercooler pada mesinnya. Traktor SAME memakai engine buatan sendiri yaitu Engine SDF untuk SAME type Explorer 115 (110 HP) dan Engine Deutz untuk tipe Laser 165 (170 HP).

Dengan memilikijaringan kantor cabangdi seluruh Indonesia antara lain : Bandar Lampung, Palembang, Jambi, Pekan Baru dan Medan (Sumatera), Pontianak, Sampit, Banjarmasin, Samarinda (Kalimantan), Surabaya (Jawa) dan Palu (Sulawesi), diharapkan dapat mendukung pelayanan purna jual untuk ketersediaan suku cadang dan servis.

Dengan adanya program pemerintah untuk melakukan peremajaan / replanting tanaman kelapa sawit rakyat dan juga peremajaan/replanting tanaman kelapa sawit perusahaan perkebunan besar baik swasta dan pemerintah.  PT. Satrindo Mitra Utama juga memberikan beberapa alternatif implement untuk menunjang program tersebut.

Implement tersebut ada beberapa jenis seperti : Shreeder (Merk KHUN, Italy), Mulcher (Merk Zanon, Italy) dan Stump Cutter (Merk FAE, Italy).  Implement ini berfungsi untuk mencacah batang Kelapa Sawit yang sudah dirobohkan untuk dapat mempercepat pelapukan dan juga mencacah pelepah sawit bekas pemotongan/pemangkasan.

Penggunaan Implement tersebut membutuhkan tenaga traktor yang besar sehingga pemakaian Traktor SAME sangat sesuai digandengkan dengan implement tersebut.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Ketika Santri Belajar Sawit

Pesantren Syaichona Cholil di Balikpapan memperkenalkan santri untuk budidaya sawit. Bertujuan membangun kemandirian santri supaya lebih produktif di…