Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (BagianVI)

Derom Bangun memiliki karier yang panjang dan cemerlang. Ia telah memberikan sumbangsih yang amat besar sekaligus mencapai kesuksesan yang istimewa dalam industri minyak sawit Indonesia. Puncak pencapainnya antara lain kenaikan produksi minyak sawit mentah dari 0,7 Mn T ditahun kalender 1980 hingga 7 Mn T pada Januari/Desember 2000 hingga 21 Mn T pada tahun 2009. Indonesia telah menjadi produsen terbesar minyak sawit dunia, juga negara pengekspor minyak sawit terbesar, yang menjawab permintaan akan minyak nabati dunia yang terus meningkat.

Berkat keterlibatannya dalam berbagai aspek industri minyak sawit, Derom Bangun telah memberikan kontribusi yang tak ternilai bagi performa yang prima dan tingkat pertumbuhan tinggi bagi industri indonesia di bidang produksi, proses, dan ekspor minyak sawit, minyak buah sawit (palm kernel) dan bungkil sawit (palm kernel meal). Ia seorang pembicara yang amat sering diundang dalam berbagai konferensi nasional dan internasional, untuk membagi pengetahuannya akan situasi terkini sekaligus visinya bagi perkembangan kedepan (industri sawit) sehubungan dengan produksi, permintaan dan harga (minyak sawit). Selama kariernya yang panjang, ia telah mendapatkan pengalaman unik dan berharga berhubungan dengan berbagai aspek industri, terutama mengenai penanaman, pertumbuhan, panen, sekaligus proses produksi (berbagai aspek teknisnya) dan juga pemasaran.

Kita hanya bisa berharap Derom Bangun akan diberkati kesehatan agar ia dapat terus memberikan keahliannya sebagai seorang penasehat bagi industri sawit, yang akan membantup para produsen menghadapi berbagai tantangan dimasa depan, dan menbantu industri ini memenuhi permintaan yang terus meningkat akan produksi minyak sawit yang terbarukan (sustainably produced palm oil).

Dengan segala hormat dan penghargaan, kami mengucapkan terimakasih kepada Derom Bangun atas segala nasihat, bantuannya yang terus menerus, dan kontribusinya yang amat berharga selama 43 tahun terakhir.

Thomas Mielke

Executive Director of Oil, dan Siegfried  Mielke, Founder of ISTA mielke GmbH. Oil World in 1958

Sumber : Derom Bangun

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like