Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian XXIV)

Moderator kemudian ingin mengambil kesimpulan. Dia minta saya mendukung mosi agar mengangkat tangan. Terlihat beberapa orang saja, kemudian dia minta yang mendukung bantahan untuk mengacungkan tangan, terlihat banyak lambaian tangan naik keudara. Moderator memandang semua peserta dan bilang “Saya taksir sekitar 80 persen. Jelas lebih banyak dari pada yang mendukung mosi.”

Terdengar tepuk tangan, debat ini telah dimenangi oleh wakil GAPKI dan wakil Pentani Iggris. Saya merasa puas bahwa sidang ini menilai kebijakan pengunaan sebagian minyak sawit menjadi bahan bakar bukanlah kebijakan yang salah. Tidak sia-sia bahan persiapan yang saya kumpulkan.

Setelah kembali ke Indonesia, peristiwa itu saya laporkan didalam rapat pengurus GAPKI yang dipimpin ketua Umum Akmaluddin Hasibuandan dihadiri juga oleh ketua dewan pembina Dahlan Harap. Saya perlitkan tiga lembar foto yang mengambarkan suasana perdebatan dan ketekunan peserta konferensi. Saya ceritakan bahwa bersama wakil Petani Inggris itu saya berhasil membuat audiens di Inggris megerti keadaan sesungguhnya di Indonesia.

Sumber : Derom Bangun

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like