Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian XVII)

Penunjukan saya sebagai penasehat eksternal kelompok Bank Dunia juga saya ceritakan walaupun tugas ini belum berakhir ketika buku ini naik cetak. Tugas ini memberikan kesempatan kepada saya untuk menyalurkan gagasan untuk saya miliki dalam membantu memberikan pandangan kepada pihak kelompok Bank Dunia untuk menyusun strategi kelapa sawit di seluruh dunia. Penunjukan itu sekaligus saya pandang sebagai pengakuan pihak Bank Dunia terhadap pentingnya peran Indonesia dalam menentukan masa depan industri minyak sawit global. Lebih jauh dapat pula diartikan sebagai pengakuan lembaga internasional itu terhadap rekam jejak saya setelah mereka melakukan pengamatan selama beberapa tahun.

Jadi, apa pesan buku ini? Hasrat yang kuat dan teguh harus dipupuk untuk memperjuangkan masa depan bangsa ini, termasuk masa depan kelapa sawit demi mengurangi kemiskinan dan demi meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia. Apa itu saja? Masih ada beberapa pesan, yaitu pesan kepada para pemuda dan pemudi untuk mengandalkan ketekunan belajar dan kepercayaan diri diri sendiri untuk mencapai cita-cita.

Baca Juga :   Ini 5 Capaian Cargill Dalam Kebijakan Sawit Berkelanjutan

Bagaimana pengusaha? Pengusaha harus meningkatkan usahanya, tetapi harus tahu kapan berhenti berekspansi. Pesan ini penting demi ketenteraman jiwa dan menahan sifat ingin berkembang lepas kendali menjadi sifat serakah yang merugikan masyarakat luas.

Sumber : Derom Bangun

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like