Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian XII)

Derom Bangun pada kenyataannya adalah Bapak Minyak Sawit Indonesia (Mr. Indonesia Palm Oil). Selama beberapa tahun dia mempromosikan dan menjadi wakil industri minyak sawit Indonesia, piawai dan unik. Pada berbagai konferensi dan perdebatan, dia telah mempromosikan dengan gigih, sambil mengunakan kehangatanpribadi dan sifat pembawaan yang simpatik, demi memenangkan penderiaannya. Kemampuannya membina jaringan hubungan antar manusia sangat besar dan sekarang dia mungkin merupakan orang yang memiliki hubungan yang paling luas di bidang usaha kelapa sawit. Keberhasilannya pada masa belakangan ini adalah betapa besar dan suksesnya konferensi tahunan kelapa sawit GAPKI yang diselengarakan setiap tahun di Bali.

Dorap Mistry

Direktur Godrej Internasional, London

Baca Juga :   Pastikan Pasokan Energi, Menteri ESDM Kunjungi KEK Tanjung Api-api

Penghargaan yang diberikan MOSTA merupakan apresiasi kepada individu yang telah memberikan sumbangan bagi pengembangan industri kelapa sawit dunia. Tak hanya di Indonesia, peran Derom Bangun dalam memajukan industri kelapa sawit telah menempatkan industri ini menjadi salah satu industri berpengaruh di tingkat dunia.

Augustine Ong

Presiden MOSTA, dalam pidato sambutan penghargaan kepada Derom Bangun, Kuala Lumpur, Malaysia, 26 Juni 2010. Dikutip dari Tempo Interatif

Derom Bangun salah satu pemimpin utama sektor kelapa sawit Indonesia. Secara pribadi, salah satu karakter Derom paling mengesankan saya adalah jiwa petualangannya. Saya tidak akan pernah lupa bagaimana dia, dalam kunjungan pertamanya ke Oxford (tempat saya berkantor), tidak membatasi dirinya melakukan tur wisata dikota dan universitas saja tapi juga sebaliknya, dia mengunakan bus lokal untuk perjalanan keberbagai ke bagian terpencil dan paling kumuh didalam kota, dimana pengunjung Indonesia mungkin tidak pernah berani mengunjunginya. Berkat kesediannya pergi keluar negeri dan belajar langsung tentang kehidupan di luar negeri dari tangan pertama yang berbeda dengan 99 persen pengunjung lainnya, dia mungkin mendapat kesan yang lebih seimbang tentang kehidupan di kota-kota Ingris.

Baca Juga :   Kebijakan Uni Eropa Ancaman Bagi Pekerja Sawit

Dr. James Fry

Direktur LMC Internasional Ltd, Oxford, Inggris

Sumber : Derom Bangun

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like