Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian LXXXVI)

Minyak Yang Bergejolak

Minyak Sawit Tercemar Solar

Pada September 1999 muncul persoalan besar yang sangat mengganggu kelancaran ekspor minyak sawit ke Eropa. Pihak importir di Eropa menemukan minyak sawit Indonesia tercemar solar. Ada pencemaran didalam CPO terungkap ketika petugas laboraturium di pelabuhan Rotterdam melakukan pengambilan contoh minyak dari tangki kapal yang membawa CPO dari Belawan. Ketika membuka tutup tangki, petugas laboraturium itu mencium bau menyengat dan curiga ada sesuatu yang tidak beres didalam CPO yang diberangkatakan dari Belawan pada 31 Agustus itu. Para petugas lapangan kemudian membawa contoh yang menimbulkan kecurigaan besar tadi untuk diperiksa ke laboraturium Dr. A. Verway di Rotterdam. Hasil penelitian menunjukan bahwa CPO tercemar bahan hidrocarbon yang sangat tinggi. Beberapa kapal dari Belawan yang hampir bersamaan tiba di Rotterdam juga turut di periksa dan ternyata juga mengandung bahan kimia yang sama.

Itu adalah kejadian pertama kalinya dalam sejarah ekspor CPO di Indonesia. Dalam perdagangan CPO, standar mutunya hanya mencamtumkan kadar asam lemak bebas atau free fatty acid dan kadar air beserta kotoran sebagai para meter yang harus diuji pada setiap pengapalan. Ada kandungan hidrokarbon tidak pernah terjadi dan karena itu secara teknis laboratorium kesulitan untuk menetapkan batas yang dapat ditolerir. Hal ini menjadi lebih sulit karena sebenarnya minyak kelapa sawit itu sendiri terdiri dari unsur hidrogen dan karbon sehingga dapat dikatakan dari alam juga terdapat unsur hidrokarbon.

Lebih jauh, hidrokarbon tergolong bahan yang tidak dibenarkan mencemari bahan makanan. Di seluruh Eropa telah berlaku ketentuan bahwa sesuatu pencemaran yang dapat membahayakan kesehatan dan memasuki rantai bahan makanan yang disebut food chain harus juga dilaoprkan kepada pemerintah dan pemerintah yang bersangkutan harus pula melaporkannya kepada badan pengawasan Uni Eropa. Badan ini berkewajiban memberikan peringatan melalui alert system, suatu sistem peningkatan kesiagaan bagi semua negara anggota Uni Eropa. Oleh karena itu masalah pencemaran CPO yang merebab diseluruh Eropa, khususnya dikalangan industri. Pengawasan dan penindakan pun segera dilaksanakan. Tangki-tangki CPO di beberapa pelabuhan di Eropa segera disegel sehingga tidak dapat dikeluarkan. Dilakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap tangki-tangki CPO untuk memastikan apakah tercemar solar atau tidak.

Sumber : Derom Bangun

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like