Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian LXXV)

Acara di hadiri oleh berbagai elemen dalam RSPO. Saya, seperti telah diminta, memberikan sambutan disusul kemudaian oleh Luky Eko Wuryanto selesai menyampaikan pidato. Setelah sambutan, Bungaran yang dimohon berceramah, saya perkenalkan kepada hadirin sebagai mantan Menteri Pertanian Republik Indonesia yang sekarang menjadi Ketua Pembina Yayasan BOS.”Ini bukan bahasa Belanda yang berarti kepala atau majikan”, kata saya sedikit bergurau mengurangi suasana serius. “Tapi singkatan dari Boerneo Orangutan Survival yang mengurus proyek pelestarian orangutan’, kata saya melanjutkan.

Bungaran tampak semangat memulai pidatonya. Dulu sering saya lihat dia berpidato, baik diforum resmi maupun acara sosial. Menurut saya, dia termasuk public speaker yang pandai dan caranya memikat. Dia menjelaskan ada beda presepsi antara pengusaha, LSM, dan juga dengan pemerintah. Dia sempat merasakan hal itu saat masih menjabat Menteri Pertanian di era presiden Megawati Soekarnoputri. Sekarang, walaupun berbeda dipihak LSM, dia mengaku tidak memusuhi pihak pengusaha dan petani kelapa sawit, tetapin berupaya mencari solusi dengan cara berkerja sama.

Baca Juga :   APROBI Siap Dukung Mandatori B-20

“Tahun 1979 saya membuat studi tentang kelapa sawit. Waktu itu pak Derom Bangun ini masih asisten atau pegawai diperusahaan perkebunan. Belum jadi pengusaha seperti sekarang. Waktu itu hanya ada perusahaan besar-besar, belum ada PIR atau kebun rakyat. Perusahaan-perusahaan itu itu pun hanya di Sumatera bagian utara. Sekarang sudah banyak kebun rakyat. Perluasan sudah sampai ke Kalimantan, Sulawesi dan Papua”, katanya menceritakan pengalaman dan pengamatannya. Memang benar, saya masih ingat suatu ketika dia datang ke Sumatera Utara sebagai seorang peneliti dari IPB Bogor, mungkin untuk disertasi gekar doktor. Saya diundang oleh Imral Nasution untuk ikut sarapan pagi sambil berdiskusi mengenai kelapa sawit dengan Bungaran.

Baca Juga :   Ria Amalia Musiawan, Vice President Indonesian Gastronomy Association

Sumber : Derom Bangun

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Deforestasi Global

Salah satu isu  lingkungan global yang ditudingkan negara-negara Barat ke negara-negara tropis (temasuk Indonesia) adalah deforestasi hutan tropis.…