Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian LXVI)

Dalam penerbangan dari Medan ke Jakarta, saya menyempatkan untuk melihat langsung dari atas apakah disepanjang lintasan antara Medan dan Jakarta terlihat asap yang menunjukan kebakaran. Jika cuaca sedang baik, dari pesawat terbang pada ketinggian 30.000 kaki atau 10.000 meter, keadaan dibawah dapat terlihat jelas. Sepengelihatan saya saat itu, tidak ada kebakaran lagi ditahun 2000 dan setelah itu saya menjawab surat Angela Bowden. Dalam surat saya jelaskan bahwa kebakaran tidak ada lagi karena cuaca tidak seburuk tahun 1998.

Laporan dari satelit NOOA pun hanya menunjukan beberapa titik apa yang lazim disebut hot spot. Titik itu sebenarnya hanya menyatakan adanya temperatur-temperatur yang relatif tinggi suatu tempat, bukan sebagai bukti adanya kebakaran. Namun tudingan-tudingan terhadap industri kelapa sawit sebagai penyebab bencana lingkungan dan sosial sudah meluas kemana-mana. LSM seperti WWF, Sawit Wacth dan Friend of  the Earth(FOE) memfokuskan perhatian kepada dampak buruk dari perkebunan kelapa sawit.

Hal tersebut mengerakkan berbagai pihak untuk memperbaiki cara kerja perkebunan kelapa sawit yang dinilai dapat merusak lingkungan. Pada tahun 2001 munculah prakarsa dari LSM dan industri pabrik pembuatan bahan-bahan konsumsi seperti Unilever dan Migros, untuk membentuk organisasi  yang bertujuan memperbaiki paraktik-praktik manajemen perkebunan dan industri kelapa sawit. Saya dihubungi oleh pihak pihak perkebunan di Malaysia M.R. Chandran, yang ketika itu jadi Direktur Eksekutif Malaysia Palm Oil Association (MPOA). Saya diundang untuk hadir dan ikut dalam suatu lokakarya di Kuala Lumpur untuk membasnya. Saya hadir dan melihat seseorang konsultan bernama Dr. Reiner de Man bertindak sebagai fasilitator.

Sumber : Derom Bangun

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Be PRO with PETROVA PRO

Sejak 2008 PT Prima Sakti Internasional (PSI) telah berperan bagi Indonesia untuk penyediaan produk keamanan melalui produk unggulan…