Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian LXII)

Setelah itu saya akan mengambil kesempatan berlibur untuk menghadiri acara Convocation di almamter saya MIT, Boston, AS. Untuk acara ini putra saya, Fernando, akan berangkat dari Medan dan bergabung di Frankfurt untuk menemani saya ke New York tanggal 18 September. Dengan adanya pendamping, saya akan bisa lebih santai.

UNTUK  BUMI DAN MANUSIA

Dalam kehidupan ini sering kali terjadi perselisihan pendapat yang tak pernah ada akhirnya. Seperti debat mengenai siapa yang terlebih dahulu: ayam atau telur. Saya tak mau terjerembab dalam situasi demikian. Baik buat saya untuk mencari jalan keluar bersama ketimbang berselisih tanpa tahu akan kemana ujungnya. Prinsip mencari kebaikan itulah yang saya lihat terapkan di RSPO.

Baca Juga :   Dr. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI Memperjuangkan Produktivitas Sawit Rakyat

Masalah lingkungan meningkat pada tahun 1997. Saat itu terjadi banyak kebakaran lahan dan hutan di Sumatera dan Kalimantan. Pada musim kemarau keadaan makin buruk. Gangguan asap terasa sampai perkotaan. Lalulintas darat dan udara terganggu. Surat kabar jakarta, Pekanbaru, dan Medan hampir setiap hari memuat berita tentang asap yang menyebabkan meningkatnya infeksi saluran pernapasan (ISPA). Banyak sekolah yang ditutp sementara waktu supaya siswa bisa tinggal dirumah saja. Jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat jadi tak beraturan.

Sumber : Derom Bangun

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like