Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian LXI)

Sementara itu, untuk menyediakan minyak tanah, pemerintah harus memberikan subsidi yang cukup besar. Karena itu, jika menjadi biodiesel, tentu sangat berguna sekali untuk membantu rakyat. Saya katakan dalam forum itu bahwa seharusnya penggunaan minyak sawit sebagai bahan bakar diperkenankan dalam batas-batas tertentu. Artinya, harus disertai dengan syarat penggunaan yang disesuaikan dengan kondisi harga ekonomi.

Buah pikiran saya tidak tersalurkan seluruhnya karena waktu yang singkat. Penyebab lain adalah kelemahan moderator dalam membagi waktu kepada semua peserta panel. Namun, saya harus terima kenyataan itu dengan harapan tulisan yang telah saya masukan kepada panitia akan ditampung didalam hasil akhir konferensi.

Saya mencari kesempatan menemui Prof. Dennis Snower untuk mengucapkan terimakasih dan pamit. Dia memang sangat sibuk dengan tamu yang demikian banyak, tetapi sempat juga kami berbicara beberapa menit. Profesor Dennis Snower  juga tidak lupa mengucapkan terimakasih karena saya bersedia datang dari jauh.

Pada 6 September 2008 saya bersama dua peserta lain diantar oleh mobil panitia ke Humburg. Saya sudah berjanji bertemu dengan Sigfried Mielke, pendiri majalah Oil World, ayah thomas Mielke yang sedang menjadi pemimpin redaksi setelah ayahnya pensiun. Perjalanan saya masih jauh karena saya sudah berencana ke Frankfurt bertemu keluarga Sidel, orang tua Sebastian, siswa AFS yang dulu tinggal setahun di rumah saya di Medan. Setelah itu saya akan ke Brussels menemui Andre Balot, mantan Direktur Utama Socfindo, dan ke kantor Sipef di Antwerp, Menemui Komisaris Utama PT. Tolan Tiga, Francois van Hoydonck bersama Mathew Adams dan Paul Nellens. Selanjutnya ke London untuk bergabung dengan delegasi RI yang dipimpin Menteri Pertanian Anton Apriyantono dan Dirjen Perkebunan Achamad Mangga Barani. Bersama delegasi Malaysia yang dipimpin Dato’Peter Chin Fah Kui, kami akan melakukan konfernsi pada tanggal 15 September 2008 di Royal Garden Hotel, London, dalam rangka menetralisasi kampanye negatif terhadap minyak sawit.

Sumber : Derom Bangun

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like