Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian LVIII)

Ketua panitia forum GES adalah Prof. Dennis Snower, Presiden Kiel Institute for the World Economy. Dialah yang menyampaikan undangan kepada saya selaku vice president kedua RSPO dan juga selaku ketua harian atau exedutive chairman GAPKI. Tentu undangan ini  wahana yang penting untuk saya, paling tidak untuk bertemu dengan berbagai kelaompok yang berkepentingan mengetahui bagaimana sesungguhnya industri minyak sawit itu.

Acara konferensi ini dilaksanakan di sebuah kastil dikota kecil Plon, tidak jauh dari kota Kiel dinegara bagian Schleswig-Holstein,pada tanggal 4-5 September 2008. Negara bagian yang terkenal sebagai  daerah pertanian yang indah terletak disebelah utara Hamburg. Panitia menugaskan seorang penjemput menemui saya dilapangan terbang Hamburg pada tanggal 3 September. Kelihatannya dia adalah mahasiswa yang memiliki mobil sendiri dan membantu panitia sebagai tenaga honorer. Bahasa Inggrisnya lancar sehingga saya tidak perlu mengunakan bahasa Jerman saya yang sudah “karatan”.

Setelah dua jam, tibalah kami disebuah kastil besar bertingkat yang terletak di atas bukit. Panitia penerima tamu sudah mempersiapkan semuanya ketika saya menyebutkan nama saya. Saya tinggal menandatangani folmulir dan segera mendapat kunci kamar. Tetapi dijelaskannya bahwa kamar didalam kastil sudah penuh dan saya mendapat kamar disalah satu rumah yang terletak di lereng bukit. Seorang petugas membantu mengantar saya sambil membawa koper saya menuruni jalan berbatu sejauh sertus meter. Petugas ini menunjukan cara membuka pintu utama yang mengunakan kunci elektonik.

Sumber : Derom Bangun

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like