Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian CXLII)

Dalam forum inilah beberapa pihak yang memiliki perhatian kepada perkembangan industri sawit dan pelestarian lingkungan berdiskusi, bahkan tak jarang berdebat, untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada. Karena masalahnya sangat luas, RSPO akan dibahas pada bab tersendiri.

Kegiatan saya di GAPKI ternyata mendapatkan respons baik dari rekan dan kolega sesama anggota. Saya bukan pengusaha besar, mungkin bisa dibilang pengusaha kelas menengah kalau tak cocok disebut petani. Meskipun demikian, saya berterimakasih kepada semua kawan yang selalu memberikan kepercayaan kepada saya untuk memimpin GAPKI dan membawa misis-misi GAPKI ketingkat internasional sekalipun. Praktis sejak keluar dari PT. Socfindo, pikiran, waktu dan tenaga saya kepada kegiatan di GAPKI. Boleh dibilang kegiatan itu bagian hobi buat saya sehingga tidak terasa melelahkan.

Untuk lebih memahami seluk beluk perdagangan internasional minyak sawit, saya mendaftar pada kursus FOSFA di london. FOSFA adalah singkatan dari Federation of Oils, Seeds, and Fats Association yang beranggotakan berbagai asosiasi produsen dan pedagang di seluruh dunia. FOSFA berpengaruh karena perdagangan sering dilakukan dengan berpedoman pada kontrak yang bernama FOSFA Contract.

Sumber : Derom Bangun

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like