Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian CCCXXXVI)

Pada makan malam itu saya duduk semeja dengan Mr. Kamal Nath dan Ibu Mari, serta dua orang tamu lain. Terlihat percakapan santai sangat lancar yang diselingi hal-hal bersifat humor di antara kedua pejabat tinggi ini. Keduannya mengunakan bahasa Inggris yang sangat bagus dengan istilah-istilah humor menarik menarik tetapi pantas. Suasana seperti itu saya jadikan kesempatan untuk mengungkapkan masalah minyak sawit dan pembatasan beta karoten. Saya menduga bahwa di dalam negara India sendiri telah banyak terjadi pembahasan dan usulan-usulan  dari asosiasi yang di Mumbai, yaitu Solvent Extractors, Assotiation of India, karena hal itu sudah pernah di sampaikan oleh B.V. Mehta kepada saya. Saya mendengar juga bahwa asosiasi di New Delhi telah mengemukakan usulan yang sama.

Kali ini Mr. Kamal Nath berbicara dengan nada yang sedikit berbeda daripada ketika berada di Jakarta. Saya tahu bahwa di India perdagangan juga banyak dipengaruhi oleh lobi-lobi yang dilakukan oleh pihak asosiasi dan pengusaha-pengusaha. Karena itu, Mr. Kamal Nath mengatakan bahwa hal itu sedang dibahas untuk menjaga agar pada praktiknya tidak terjadi penyimpangan atau penyalahgunaan.

Saya merasa gembira bahwa ada kemajuan dalam nada pembicaraan yang diperlihatkan oleh Mr. Kamal Nath. Jadi, walaupun dalam pertemuan makan malam itu tidak ada suatu kesimpulan yang diungkapkan, saya mersa lebih optimistis dan lebih yakin bahwa usulan-usulan kita yang diperkuat oleh usulan-usulan pihak perusahaan India sendiri, seperti Mr. Dinesh Shahra, Ketua India Vegetable Oil Processor Association yang juga Managing Director Ruchi Soya Industries, tentu tidak dipandang angin oleh Pemerintah India. Berkali-kali saya membaca bahwa pihak asosiasi dan pengusuha India mengatakan bahwa pengendoran ketentuan karoten untuk CPO akan membawa keuntungan bagi pihak India, terutama konsumen dan pengusahanya. Sumber : Derom Bangun

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like