Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian CCCXXXV)

Semua itu dilakukan dengan tujuan meyakinkan India bahwa banyak pabrik yang menghasilkan kandungan beta karoten dibawah 500 bukan karena kesalahan dalam proses, tetapi karena adanya pebedaan jenis bibit. Kemungkinan besar hasil dari tim itu juga disampaikan ke Kementerian Perdagangan dan Perindustrian India di New Delhi.

Kemudian pada tahun 2005, ada misi delegasi menteri perdagangan yang saat itu sudah dijabat oleh Dr. Mari Elka Pangestu ke India. Selaku Ketua Umum Gapki, saya di undang untuk ikut dalam rombongan bersama beberapa wakil asosiasi dan perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia. Dijadwalkan rombongan akan ke New Delhi, kemudian Bangalore, dan juga kemungkinan ke Mumbai.

Di New Delhi diadakan acara diskusi mirip dengan diskusi dan pertemuan bisnis yang dilakukan ketika Rini Suwandi menjadi menteri perdagangan, tetapi bedanya ketika itu hadir juga Presiden Republik Indonesia Ibu Mega Wati Soekarnoputrisehingga acara-acara berlangsung lebih semarak dalam jumlah peserta yang jauh lebih besar. Kali ini Bapak tidak berada Presiden tidak ada dalam rombonganwalaupun sudah berkunjung sebelumnya. Untuk menghadiri jamuan makan malam yang diundang oleh Mentri Perdagangan India Kamal Nath, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengundang saya ikut serta. Ada beberapa perusahaan lain yang hadir, seperti dari perusahaan penghasil sepeda motor dan juga perusahaan tektil.

Sumber : Derom Bangun                                                  

115 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like