Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian CCCXII)

Thailan punya usulan lain terhadap Malaysia. Mereka minta perbatasan di Bukut Kayu Hitam antara Thailan Selatan dan Malaysia jangan di tutup terlalu cepat. Pemerintah Thailan juga ingin agar aktivitas pengiriman buah longan dan durian dari Thailan sampai Singapura tanpa terganggu oleh pintu perbatasan yang tutup terlalu cepat. Pada kesempatan itu tampak sekali delegasi Malaysia dan Thailan aktif memperjuangkan kepentingan negaranya. Kalau perlu mereka akan berdebat, mempertahankan pendapatnya.

Dalam delegasi Indonesia terdapat banyak wakil interdepartemen yang meskinya juga mengajukan gagasan-gagasan yang menguntungkan Indonesia. Namun, apa yang terjadi? Pada saat giliran Indonesia delegasi Indonesia diminta usulan apa kiranya bisa dilontarkan kepada forum, sumua terdiam. Angguk-angguk saja tanda setuju.

Kejadian itu membuat saya tercenung bercampur risau. Bagaimana mungkin ujung tombak perundingan dari setiap departemen dan lembaga negara itu tak mengeluarkan usulan apa pun menyangkut IMT-GT. Saya sampaikan hal itu kepada Joop Ave ketika makan siang. Saya bilang kepadanya, “Let me tell you something to amuse you”.

Sumber : Derom Bangun                                                  

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like